PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT OFFICE POWERPOINT DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING MUPEL IPS DI KELAS IVA SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG


Ari Akbar Anggoro, 1401416030 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT OFFICE POWERPOINT DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING MUPEL IPS DI KELAS IVA SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416030.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Dengan memanfaatkan media pembelajaran dapat menciptakan sebuah proses pembelajaran yang mendalam yang dilakukan oleh siswa dengan guru, teman sebaya, dan siswa dengan ilmuan. Hasil belajar Ujian Akhir Semester I kelas IVA tahun 2018/2019 terdapat nilai mata pelajaran yang masih dibawah KKM, salah satunya yaitu muatan pelajaran IPS, karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, khususnya dalam menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji kelayakan media, dan menguji perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur penelitian menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba skala kecil kemudian diterapkan pada uji skala besar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 97%dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media adalah 92% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli praktisi adalah 96,77% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar uji skala besar mengalami peningkatan dengan perolehan kriteria tinggi. Angket tanggapan siswa dan guru mendapatkan kriteria sangat baik. Dibuktikan pada hasil rata-rata nilai posttest sebesar 85 dibandingkan rata-rata nilai pretest sebesar 49,09 dengan perolehan n-gain sebesar 0,705362 dalam kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu multimedia interaktif berbasis Microsoft office powerpoint dalam model problem based learning efektif digunakan pada muatan IPS materi keanekaragaman sosial dan budaya di provinsi jawa tengah terhadap hasil belajar siswa. Saran untuk siswa agar produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar, serta guru dapat pula menggunakan multimedia interaktif berbasis Microsoft office powerpoint pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan isi materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; Microsoft Office Powerpoint; Multimedia Interaktif; Problem Based Learning.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:43
Last Modified: 01 Sep 2020 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38572

Actions (login required)

View Item View Item