PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS WAHIDIN SUDIROHUSODO KABUPATEN TEGAL


Ayunandia Putma Aglistya , 1401416020 (2020) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS WAHIDIN SUDIROHUSODO KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416020.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang didapatkan setelah mengalami kegiatan belajar. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantara nya perhatian orang tua dan kemandirian belajar siswa. Perhatian orang tua yag tinggi dapat menumbukan rasa semangat anak dalam melakukan kegiatan belajar di rumah. Kemandirian belajar mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai materi sendiri tanpa didampingi oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri Se-Gugus Wahidin Sudirohusodo, Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian sebanyak 154 siswa telah dipilih menjadi sampel penelitian menggunakan Proportional Random Sampling dan menggunakan 250 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis sampel proportionate stratified random sampling. Sampel penelitian sebanyak 154 siswa. Teknik pengumpulan data wawancara tidak terstruktur, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisi menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regesi sederhana, analisis kolerasi sederhana, analisis regresi ganda, analisis kolerasi ganda, analisis determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Tegal dengan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika sebesar 10% (2) Kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Wahidin Sudirohusodo Kabupaten dengan pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 8,6% (3) Perhatian orang tua dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Tegal dengan pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersamasama terhadap hasil belajar matematika sebesar 13,4%. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru hendaknya dapat meningkatkan perhatian orang tua dan kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, sehingga akan berdampak pada pencapaian hasi belajar matematika yang lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kemandirian belajar, perhatian orang tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:26
Last Modified: 01 Sep 2020 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38569

Actions (login required)

View Item View Item