HUBUNGAN METACOGNITIVE AWERENESS DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KOTA SEMARANG


Enie Vita Sari , 1401416018 (2020) HUBUNGAN METACOGNITIVE AWERENESS DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS CAKRA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416018.pdf] PDF - Published Version
Download (727kB)

Abstract

Dari hasil TIMSS tahun 2015 peringkat pendidikan Indonesia mata pelajaran Matematika berada urutan 45 dari 50 negara. Berdasarkan hasil PISA pada tahun 2018 Indonesia mata pelajaran Matematika berada pada peringkat ke-73 dari 79 negara. Permasalahan yang terjadi di SDN Gugus Cakra Kota Semarang menunjukkan nilai PTS siswa kelas IV pada Matematika semester 1 tidak tuntas mencapai 51,4%. Dari hasil wawancara guru dan siswa, diketahui aspek yang mempengaruhi hasil belajar Matematika ialah kurang optimalnya metacognitive awareness (kesadaran metakognitif) dan self efficacy (efikasi diri) pada diri siswa. Rumusan masalah penelitian ini ialah (1) adakah hubungan metacognitive awareness terhadap hasil belajar Matematika; (2) adakah hubungan self efficacy terhadap hasil belajar Matematika; (3) adakah hubungan metacognitive awareness dan self efficacy bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian sikripsi ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan teknik cluster sampling berjumlah 167 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah angket, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heterokesdastisitas, dan autokorelasi. Setelah data memenuhi uji prasyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik desktiptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan metacognitive awareness dengan hasil belajar Matematika; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan self efficacy dengan hasil belajar Matematika; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama metacognitive awareness dan self efficacy terhadap hasil belajar Matematika. Simpulan dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan antara metacognitive awareness dan self efficacy terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Cakra Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu guru lebih mengoptimalkan metacognitive awareness dan self efficacy dalam diri siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jr.MAI, self efficacy, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:19
Last Modified: 01 Sep 2020 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38568

Actions (login required)

View Item View Item