HUBUNGAN MINAT BACA DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KOTA SEMARANG


Intania Zahra Annisafitri , 1401416016 (2020) HUBUNGAN MINAT BACA DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416016.pdf] PDF - Published Version
Download (960kB)

Abstract

Di dunia, pendidikan Indonesia menempati peringkat ke 108. Sedangkan di ASEAN menempati peringkat ke 5. Hal itu membuktikan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Salah satu bukti rendahnya kualitas pendidikan di indonesia adalah permasalahan yang terjadi di kelas IV SD Negeri Gugus Diponegoro yang menunjukkan hasil belajar siswa pada nilai ratarata muatan IPS Semester 1, ketidaktuntasan yang diperoleh sebesar 63%. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1)apakah terdapat hubungan minat baca dengan hasil belajar muatan IPS; (2)apakah terdapat hubungan kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar muatan IPS; (3)apakah terdapat hubungan minat baca dan kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar muatan IPS. Tujuan penelitian ini adalah (1)menguji hubungan minat baca dengan hasil belajar muatan IPS; (2)menguji hubungan kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar muatan IPS; (3)menguji hubungan minat baca dan kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar muatan IPS. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi dengan sampel 103 siswa yang diambil menggunakan sampel acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat hubungan positif dan interpretasi keeratan korelasi yang kuat minat baca dengan hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 48%; (2)terdapat hubungan positif dan interpretasi keeratan korelasi yang kuat kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 49,6%; (3)terdapat hubungan positif dan interpretasi keeratan korelasi yang kuat minat baca dan kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS dengan kontribusi sebesar 58,9%. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara minat baca dan kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri Gugus Diponegoro Kota Semarang. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu guru dapat memberikan pembiasaan membaca kepada siswa agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat baca, kesiapan belajar, hasil belajar muatan IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:58
Last Modified: 01 Sep 2020 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38567

Actions (login required)

View Item View Item