PERBEDAAN PENGGUNAAN PELAMPUNG NOODLE DAN ROMPI TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER DI SD ISLAM Al-FURQON KABUPATEN REMBANG TAHUN 2019


Mochamad Rifa’i , 6101416185 (2020) PERBEDAAN PENGGUNAAN PELAMPUNG NOODLE DAN ROMPI TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER DI SD ISLAM Al-FURQON KABUPATEN REMBANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101416185.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan menggunakan pelampung noodle dan rompi terhadap hasil belajar renang gaya dada pada siswa ekstrakurikuler renang SD Islam Al-Furqon Kabupaten Rembang tahun 2019. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar renang gaya dada pada siswa SD Islam Al-Furqon Kabupaten Rembang tahun 2019 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler renang SD Islam Al-Furqon Kabupaten Rembang tahun 2019, populasi berjumlah 20 siswa, sampel berjumlah 20 siswa. Teknik sampelnya menggunakan sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah belajar renang gaya dada dengan menggunakan alat bantu pelampung noodle dan rompi. Variabel terikat adalah hasil belajar renang gaya dada. Analisa data statistik dengan rumus t-test cara pendek. Dari hasil analisa data diperoleh nilai t-hitung 11,618 sedangkan nilai t-tabel dengan derajat kebebasan (df) 9 dan taraf signifikansi 5% adalah 1,833. Nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel, dengan demikian ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar renang gaya dada menggunakan alat bantu pelampung noodle dan rompi. Penggunaan pelampung noodle lebih baik dibadingan pelampung rompi, mean pelampung noodle sebesar 73,15 dan rompi 70,45. Berarti belajar renang dengan bantuan pelampung noodle dapat memberikan kontribusi lebih besar. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar menggunakan alat bantu pelampung noodle dan rompi. Hasil belajar menggunakan alat bantu pelampung noodle lebih baik dan efektif. Dengan demikian disarankan kepada Guru PJOK SD Islam Al-Furqon Kabupaten Rembang dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya dada dapat memakai alat bantu pelampung noodle agar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 23:10
Last Modified: 31 Aug 2020 23:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38561

Actions (login required)

View Item View Item