Peningkatan Keterampilan Berbicara Ekspresif dengan Teknik Simulasi Tokoh Idola pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri I Mayong Jepara Tahun Ajaran 2008/2009.


Eka Zuliyanti, 2101405055 (2010) Peningkatan Keterampilan Berbicara Ekspresif dengan Teknik Simulasi Tokoh Idola pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri I Mayong Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara Ekspresif dengan Teknik Simulasi Tokoh Idola pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri I Mayong Jepara Tahun Ajaran 2008/2009.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Berbicara Ekspresif dengan Teknik Simulasi Tokoh Idola pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri I Mayong Jepara Tahun Ajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam praktik berbicara, siswa kelas VII SMP tidak menunjukkan ekspresi yang tepat sesuai dengan topik yang dibicarakan. Mereka hanya bicara saja tanpa ditunjang dengan tekanan, gestur, lafal, serta mimik yang tepat. Hal ini juga dialami oleh sebagian besar siswa kelas VII SMP Negeri I Mayong Jepara. Hal tersebut disebabkan rendahnya kreativitas guru dalam menentukan teknik pembelajaran keterampilan berbicara kepada siswa. Pembelajaran berbicara hanya dititikberatkan pada praktik berbicara saja tanpa memperhatikan aspek-aspek yang dapat mendukung kegiatan berbicara. Fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif-alternatif pemecahannya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan masalah tersebut dengan menerapkan teknik simulasi tokoh idola pada pembelajaran berbicara ekspresif. Penelitian ini mengkaji tentang (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara ekspresif siswa kelas VIIG SMP Negeri I Mayong Jepara setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik simulasi tokoh idola, dan (2) bagaimanakah perubahan tingkah laku belajar siswa kelas VIIG SMP Negeri I Mayong Jepara pada saat mengikuti pembelajaran dengan teknik simulasi tokoh idola. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsi peningkatan kemampuan berbicara ekspresif siswa kelas VIIG SMP Negeri I Mayong Jepara setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik simulasi tokoh idola, 2) mendeskripsi perubahan tingkah laku belajar siswa kelas VIIG SMP Negeri I Mayong Jepara pada saat mengikuti pembelajaran dengan teknik simulasi tokoh idola. Subjek penelitian ini adalah keterampilan berbicara ekspresif siswa kelas VII G SMP N I Mayong Jepara tahun ajaran 2008/2009. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes perbuatan yang berisi aspek-aspek kriteria penilaian keterampilan berbicara ekspresif. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara, angket, dan bukti otentik (dokumentasi foto). Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, keterampilan berbicara ekspresif dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 56,3. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata ii kelas sebesar 64,7 atau meningkat sebesar 15,5% dari rata-rata prasiklus. Pada siklus II meningkat sebesar 19,9% dari rata-rata siklus I, yaitu menjadi 77,6. Peningkatan ini membuktikan keberhasilan pembelajaran berbicara ekspresif dengan teknik simulasi tokoh idola. Perubahan perilaku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan data nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II, perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif semakin bertambah. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik simulasi tokoh idola mampu meningkatkan keterampilan berbicara ekspresif siswa kelas VII G SMP N I Mayong Jepara dan mampu mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah (1) guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya kreatif dalam menentukan pendekatan dan model dalam pembelajaran keterampilan berbicara agar siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran, (2) model pembelajaran dengan teknik simulasi tokoh idola terbukti mampu meningkatkan keterampilan berbicara ekspresif siswa. Oleh karena itu, para guru bahasa dan sastra Indonesia dapat menggunakan teknik simulasi tokoh idola untuk membelajarkan keterampilan berbicara ekspresif. (3) para pakar atau praktisi bidang pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian sejenis dengan model pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan alternatif teknik pembelajaran keterampilan berbicara lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara ekspresif, teknik simulasi tokoh idola.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2011 02:37
Last Modified: 25 Apr 2015 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item