INDEKS SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX GUNA PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN OLAHRAGA DI KABUPATEN KENDAL


Nirmala Dentha Kamalalyahita , 6101416092 (2019) INDEKS SUMBER DAYA MANUSIA DAN RUANG TERBUKA OLAHRAGA DITINJAU DARI SPORT DEVELOPMENT INDEX GUNA PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN OLAHRAGA DI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101416092.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini terjadi karena nilai SDI (Sport Development Index) di Kabupaten Kendal dirasa masih kurang dalam pemanfaatan fasilitas olahraga yang sudah disediakan oleh pemerintah maupun swasta sehingga mempengaruhi tingkat sumber daya manusia yang tersedia kemudian ruang terbuka olahraga yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta menjadi jarang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai indeks aspek dasar SDI yaitu: ruang terbuka dan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan yaitu diskriptif kuantitatif dengan Teknik survey. Populasi penelitian yaitu seluruh penduduk Kabupaten Kendal tahun 2019 dengan metode pengambilan sampel multistage random sampling yang mengukur wilayah sesuai tingkat kemajuanya (maju cepat, maju tertekan, berkembang, dan tertinggal). Sampel yang ditentukan terbagi 3 kecamatan yaitu: Kecamatan Boja, Kecamatan Limbangan, dan Kecamatan Singorojo. Analisis data Sport Development Index menggunakan data primer : ruang terbuka, sumber daya manusia dan sekunder : jumlah penduduk, dan luas wilayah. Hasil dari penelitian mengenai Sport Development Index (SDI) di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Singorojo 0,29, SDI Kecamatan Boja 0,26, dan SDI Kecamatan Limbangan 0,22, total nilai Indeks SDI aspek ruang terbuka dan sumber daya manusia di Kabupaten Kendal tahun 2019 terbilang sebesar 0,25. Hasil tersebut dihasilkan dari rumus yang dikemukakan oleh Mutohir dan Maksum (2007:88) di dalam bukunya yang berjudul Sport Development index yang kemudian hasil tersebut dapat dikategorikan sesuai dengan angka yang dihasilkan. Simpulan dan saran dari hasil tersebut yaitu indeks sumber daya manusia dan ruang terbuka olahraga di Kabupaten Kendal masih tergolong dalam kategori rendah, namun, Kecamatan Singorojo dan Kecamatan Boja maasuk dalam kategori menengah pada aspek ruang terbuka olahraga dan seharusnya pemerintah dapat lebih memperhatikanmengembangkan dan peduli terhadap perkembangan sumber daya manusia demi kemajuan olahraga, prestasi, dan pendidikan di daerah Kabupaten Kendal supaya dapat lebih tersorot dan dapat dijadikan panutan oleh daerah lain yang masih jauh lebih tertinggal dibandingkan Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ruang Terbuka Olahraga, Sumber daya Manusia, Sport Development Index
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 21:32
Last Modified: 31 Aug 2020 21:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38553

Actions (login required)

View Item View Item