APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID PADA USAHA PERBAIKAN LAPTOP “SERVICE UNNES”


Siti Safikah , 5302415059 (2020) APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID PADA USAHA PERBAIKAN LAPTOP “SERVICE UNNES”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302415059.pdf] PDF - Published Version
Download (928kB)

Abstract

Pelayanan konsumen di tempat usaha Service Unnes masih menggunakan media whatsapp saja, selain itu konsumen Service Unnes tidak dapat memperoleh informasi cepat mengenai laptop yang ditinggal. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi pelayanan konsumen berbasis Android menggunakan framework Ionic serta memanfaatkan platform Firebase sebagai media penyimpanan. Selain itu penelitian ini juga mencari tahu respon pengguna berdasarkan pengujian yang berdasarkan ISO/IEC 9126. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yang terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama adalah studi pendahuluan yang bertujuan untuk mencari informasi mengenai permasalahan yang terdapat di lapangan. Tahap kedua adalah pengembangan produk. Pada tahap ini, peneliti menggunakan model pengembangan Waterfall yang meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi desain, dan pengujian. Tahapan terakhir dari metode penelitian ini adalah evaluasi. Pada tahapan ini dilakukan validasi sistem dengan teknik uji BlackBox lalu dilanjutkan dengan pengujian oleh ahli guna mengetahui kelayakan sistem dan terakhir dilakukan uji pengguna untuk mengetahui keefektifan dan keefisienan aplikasi dalam upaya membantu proses usaha Service Unnes. Hasil penelitian berupa aplikasi pelayanan konsumen yang dibangun menggunakan fremework Ionic serta platform Firebase sebagai media penyimpanan. Aplikasi dinyatakan valid dilihat hasil pengujian Black-Box yang menunjukkan fungsi pada aplikasi dapat bekerja seseuai yang diinginkan. Dari hasil uji ahli, aplikasi dinyatakan layak untuk diimplementasikan dengan persentase sebesar 83 %. Dari hasil uji pengguna aplikasi dinyatakan dapat membantu kegiatan usaha Service Unnes secara efektif dan efesien dengan persentase 92 %. Untuk penelitian selanjutnya, diperlukan riset lebih lanjut guna menyediakan kemampuan aplikasi untuk bekerja secara offline. Serta perbaikan mengenai desain user interface dan user experience dari aplikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, informasi, Android, framework Ionic
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 15:53
Last Modified: 31 Aug 2020 15:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38526

Actions (login required)

View Item View Item