KEEFEKTIFAN MODEL TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS IKAN MAS SEMARANG UTARA


Nala Khoirul Muna, 1401416008 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS IKAN MAS SEMARANG UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416008.pdf] PDF - Published Version
Download (915kB)

Abstract

Berdasarkan data hasil belajar, observasi, dan wawancara diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS belum maksimal karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta minimnya fasilitas belajar yang ada. Model direct instruction apabila sering digunakan dapat menyebabkan siswa percaya bahwa guru akan menyampaikan semua materi yang perlu mereka ketahui. Dengan cakupan materi yang cukup banyak dan bersifat hafalan, pemahaman siswa terjadi hanya pada saat pembelajaran berlangsung sehingga siswa mudah lupa dengan apa yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran Take and Give berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar IPS materi Kerajaan Hindu, Buddha, Islam di Indonesia serta mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Semarang Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Semarang Utara sejumlah 163 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Kuningan 03 sebagai kelas eksperimen sejumlah 25 siwa dan kelas IV SDN Kuningan 02 sebagai kelas kontrol sejumlah 39 siswa menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar posttest siswa di kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76 dibandingkan kelas kontrol yang hanya 61,3. Hasil uji N-gain kelas eksperimen diperoleh 0,3861 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol yaitu 0,1629 dengan kriteria rendah. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata skor aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 75% dibandingkan kelas kontrol yang hanya 59%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung= 3,0462 dan ttabel= 1,9990, thitung>ttabel (3,0462>1,9990) yang artinya model Take and Give berbantuan media flashcard lebih efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Take and Give berbantuan media flashcard efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi Kerajaan Hindu, Buddha, Islam di Indonesia dan dapat meningkatkan hasil belajar serta aktivitas siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Semarang Utara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPS; keefektifan; flashcard; Take and Give
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 13:22
Last Modified: 31 Aug 2020 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38518

Actions (login required)

View Item View Item