IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V SD GUGUS LARASATI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


ADAM PRASETYA ESPE, 1401415458 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V SD GUGUS LARASATI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401415458.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan awal observasi peneliti, sebagian besar guru kelas V di SD Gugus Larasati Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, telah mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis PAKEM, keunggulan, kendala, dan upaya yang sudah dilakukan guru dalam implementasi pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Gugus Larasati Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan sampel 5 guru dan 157 siswa kelas V di 5 SD Gugus Larasati Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis pada saat sebelum di lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Hasil penelitian ini adalah keseluruhan SD yang diteliti, dalam melaksanakan pembelajaran berbasis PAKEM memperoleh kriteria baik. SDN Kembangarum 01 memperoleh 72,91%, SDN Manyaran 02 memperoleh 71,87%, SDN Kembangarum 03 memperoleh 69,79%, SD IT Bina Amal 02 memperoleh 70,83%, SD Darussalam memperoleh 54,16%. Adapun kendala yang dialami guru dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis PAKEM diantaranya berkaitan dengan adanya beberapa siswa yang masih pasif, keterbatasan waktu, biaya, serta sarana prasarana yang terbatas. Sedangkan keunggulan dalam mengimplementasikan PAKEM yaitu siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa tidak merasa jenuh saat kegiatan pembelajaran berlangsung, dan siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis PAKEM pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Gugus Larasati Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang sudah baik, tetapi masih ada beberapa kendala dan ada pula keunggulan dalam PAKEM. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yang berbasis PAKEM, sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbasis PAKEM; PPKn; pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 13:08
Last Modified: 31 Aug 2020 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38515

Actions (login required)

View Item View Item