PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI A SDN KALICARI 01 KOTA SEMARANG


Noni Luthfi Khoirunnisa, 1401415029 (2020) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI A SDN KALICARI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401415029.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terbatasnya sumber belajar yang digunakan pada proses pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VI A SDN Kalicari 01 Semarang. Pemecahan masalah tersebut yaitu dengan pengembangan buku saku berbasis pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan buku saku berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) menguji kelayakan buku saku berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) menguji keefektifan buku saku berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI A SDN Kalicari 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Sugiyono dengan 8 langkah yakni: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media buku saku berbasis cerita bergambar layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian sebesar 97% dan kelayakan isi sebesar 77%. Hasil angket tanggapan siswa sebesar 95% dan guru sebesar 97% pada uji coba produk kelompok kecil, sedangkan pada kelompok besar tanggapan siswa sebesar 97,34% sehingga buku saku sangat layak digunakan. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan thitung (5,498) > ttabel (2,039) sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,32 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah buku saku berbasis pendidikan karakter layak dan efektif digunakan untuk menigkatkan hasil belajar IPA siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu agar dapat menggunakan buku saku berbasis pendidikan karakter sebagai sumber belajar alternatif dan dalam penyusunannya perlu diperhatikan kesesuaian materi serta soal evaluasi dalam buku saku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Saku, IPA, Pendidikan Karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 13:04
Last Modified: 31 Aug 2020 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38514

Actions (login required)

View Item View Item