PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEMUL (GAMES EDUKASI MONOPOLI, ULAR TANGGA, DAN LUDO) MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA MUATAN AJAR PPKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MONGGOT


Veri Arif Noviyanto, 1401414285 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEMUL (GAMES EDUKASI MONOPOLI, ULAR TANGGA, DAN LUDO) MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA MUATAN AJAR PPKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MONGGOT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401414285.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran Gemul berbasis boardgame muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) materi suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Monggot. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pada penelitian ini mengadaptasi sepuluh langkah model pengembangan menurut Sugiyono. Tingkat kelayakan media pembelajaran ditentukan oleh uji validasi ahli, uji skala kecil dan uji skala besar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan melakukan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh peneliti dari ahli materi sebesar 75% dengan kategori layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media 96% dengan kategori sangat layak. Pada tahap uji kelompok besar, kelas subyek mendapat peningkatan rata-rata data pretest dan posttest sebesar 52% atau berkategori sedang. Penggunaan media Gemul dalam muatan ajar PPKn menunjukan hasil belajar PPKn yang baik. Simpulan penelitian ini yaitu media Gemul layak dan efektif menunjukkan hasil belajar yang baik bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Monggot muatan ajar PPKn materi keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PPKn, media pembelajaran, boardgame, Gemul, hasil belajar kognitif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:59
Last Modified: 31 Aug 2020 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item View Item