PENGARUH KECERDASAN SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN II KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL


Anas Setiaji, 1401414074 (2020) PENGARUH KECERDASAN SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DABIN II KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401414074.pdf] PDF - Published Version
Download (955kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib terdapat dalam kurikulum sekolah dasar. Kualitas pembelajaran IPS dapat diukur dari perolehan hasil belajar siswa. Hasil belajar IPS dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu kecerdasan sosial dan motivasi belajar. Siswa yang memiliki kecerdasan sosial dan motivasi belajar yang baik akan berpengaruh positif terhadap perolehan hasil belajar. Fakta empiris menunjukkan bahwa perolehan hasil belajar IPS siswa belum optimal dengan ditandai oleh sebagian siswa masih belum tuntas mencapai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut dipengaruhi oleh kecerdasan sosial yang belum terbentuk secara optimal dan motivasi belajar siswa masih rendah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Dabin II Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling berdasarkan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel penelitian sebesar 180 siswa. Variabel penelitian ini adalah kecerdasan sosial dan motivasi belajar sebagai variabel bebas, dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur, daftar cocok dokumentasi penelitian, dan angket penelitian. Data penelitian telah memenuhi uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 21. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan sosial terhadap hasil belajar IPS sebesar 4,9%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 3,1%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan sosial terhadap motivasi belajar dengan nilai koefiensi R sebesar 0,701; dan (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan sosial dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS sebesar 5%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu kecerdasan sosial dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Dabin II Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini hendaknya dapat menjadi informasi dan masukan bagi guru, sekolah, dan peneliti lanjutan guna meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, kecerdasan sosial, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:54
Last Modified: 31 Aug 2020 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38512

Actions (login required)

View Item View Item