PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT MATERI SISTEM PEMERINTAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN SEMBUNGHARJO 01 KOTA SEMARANG


Latifa Ratna Kurniasari, 1401412399 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT MATERI SISTEM PEMERINTAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN SEMBUNGHARJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412399.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SDN Sembungharjo 01 Semarang melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran PKn terkait dengan keterbatasan sumber belajar dan penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis power point, bagaimanamedia pembelajaran interaktif berbasis power point, dan bagaimana keefektifan media pembelajaran interaktifberbasis power point.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan media pembelajaran interaktifberbasis power point, mengkaji kelayakan media pembelajaran interaktifberbasis power point, dan menguji keefektifan media pembelajaran interaktifberbasis power point Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi peelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Sembungharjo 01Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran interaktifberbasis power point sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 91,67%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 93,18. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,40 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktifberbasis power point sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PKn materi sistem pemerintahan. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran interaktifberbasis power point pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam bahan ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Interaktif ; PKn; Power Point
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:50
Last Modified: 31 Aug 2020 12:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38511

Actions (login required)

View Item View Item