HUBUNGAN ANTARA KEYAKINAN DIRI DAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK KELAS XI Se-KECAMATAN BOJA


Harris Yuliawan Saputra, 1301415079 (2020) HUBUNGAN ANTARA KEYAKINAN DIRI DAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK KELAS XI Se-KECAMATAN BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301415079.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada banyaknya siswa yang belum memiliki keyakinan diri yang kuat dalam belajarnya. Siswa yang kurang memiliki kemandirian dalam belajar terlihat ketika dalam mengikuti proses belajar mengajar bersikap pasif, tidak berani bertanya apabila menghadapi kesulitan, dan kurangnya penerapan perilaku disiplin belajar seperti banyaknya siswa mencontek pekerjaan teman. Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar diantaranya adalah keyakinan diri dan perilaku disiplin.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keyakian diridan perilaku disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa di SMKkelas XIse-Kecamatan Boja.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatifex post facto.populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 1733 Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknikproportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 289 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala psikologis keyakinan diri, skala psikologis perilaku disiplin belajar, dan skala psikologis kemandirian belajar siswa. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis adalah uji korelasional regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keyakinan diri, perilaku disiplin belajar, dan kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara keyakinan diri dengan kemandirian belajar siswa (β= 0,622 ; Fhitung = 181,313 ; t= 13,465 ; p=0,00).Hasil analisis hipotesis kedua menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perilaku disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa (β= 0,971 ; Fhitung = 4677,248 ; t= 68,390 ; p=0,00). Hasil analisis hipotesis ketiga menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara keyakinan diri dan perilaku disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa (Ry(1,2)= 0,971 ; Rsquare = 0,942 ; Fhitung= 2339,182 ; p= 0,000 < 0.01). Nilai R2dalam penelitian ini sebesar 0,942 atau 94,2%. Hal tersebut berarti bahwa keyakinan diri dan perilaku disiplinmemberikan sumbangsih sebesar 94,2% terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa terdapat faktor lain yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa sebesar 5,8%. Berkaitan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK memberikan layanan bimbingan dan konseling yang terkait dengan kebutuhan siswa. Hal tersebut bertujuan agar siswa memiliki keyakinan diri dan perilaku disiplin belajar yang baik sehingga dapat membentuk kemandirian belajar siswa yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keyakinan Diri, Perilaku Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:45
Last Modified: 31 Aug 2020 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38509

Actions (login required)

View Item View Item