PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK PADA SISWA KELAS XI DI SMA GITA BAHARI SEMARANG


Arrizki Fadlillah Arsyad, 1301415068 (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK PADA SISWA KELAS XI DI SMA GITA BAHARI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301415068.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena tingginya perilaku merokok siswa di SMA Gita Bahari Semarang. Perilaku merokok merupakan suatu kegiatan menghisap asap dari rokok yang dapat mengakibatkan banyak dampak negatif bagi kesehatan yang akan didapatkan dari bahan kimia yang terkandung didalamnya.. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana memanajemen diri pada siswa yang berperilaku merokok agar dapat dikurangi melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-postest. Subyek yang digunakan berjumlah 8 siswa. Teknik pengambilan subyek pada penelitian ini yaitu sampling purposive. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala perilaku merokok dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini mennjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh bimbingan kelompok teknik self management terhadap perilaku merokok (z = -2,524, p < 0,05). Dari hasil perhitungan tersebut, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa. Sehubungan dengan hasil penelitian diatas diharapkan guru BK dapat mengupayakan mengurangi bahkan menghentikan perilaku merokok siswa dengan memberikan layanan menggunakan bimbingan kelompok teknik self management untuk dapat mengatasi permasalahan merokok tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok; self management; perilaku merokok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:39
Last Modified: 31 Aug 2020 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38508

Actions (login required)

View Item View Item