KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM PENYELESAIAN STUDI SISWA KELAS VIII E DI MTs NEGERI 2 KOTA CIREBON


Ainin Fathimatuzzahrah, 1301415047 (2020) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DALAM PENYELESAIAN STUDI SISWA KELAS VIII E DI MTs NEGERI 2 KOTA CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301415047.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Kemampuan kerjasama menjadi salah satu aspek paradigma pendidikan yang sangat penting untuk dimiliki siswa. Kemampuan ini memberikan pengaruh positif bagi perkembangan dan pertumbuhan siswa baik secara rohani, jasmani, khususnya dalam mencapai tujuan belajar siswa. Disisi lain tingkat kemampuan kerjasama siswa masih rendah. Upaya meningkatkan kemampuan kerjasama dapat dilakukan dengan teknik STAD dengan layanan bimbingan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan kemampuan kerjasama dalam penyelesaian studi sebelum dan sesudah diberikan layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik STAD pada siswa kelas VIII E di MTs Negeri 2 Kota Cirebon. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif karena analisisnya menggunakan data-data numerical. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 32 siswa dari populasi sejumlah 248 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala kemampuan kerjasama. Pengujian validitas dan reliabilitas dengan rumus product moment dan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik STAD, kemampuan kerjasama siswa rata-rata berada pada kriteria rendah namun setelah diberikan treatment tersebut kemampuan kerjasama siswa mengalami kenaikan dengan kriteria tinggi, baik dari skor tiap individu maupun pada tiap indikatornya sehingga treatment tersebut efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Cirebon. Hasil data diperoleh dengan nilai (thitung = 7,059 > ttabel = 2.042 dan p = 0,000 < 0,05 ) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian Ha pada penelitian ini diterima sehingga telah terbukti terdapat perbedaan yang positif antara layanan bimbingan klasikal dengan teknik STAD untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dalam penyelesaian studi siswa kelas VIII E di MTs Negeri 2 Kota Cirebon. Berdasarkan hasil temuan tersebut, guru BK dapat memberikan Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik STAD sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa serta perlu meningkatkan kreatifitas dalam memberikan layanan pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan klasikal, Student Team Achievement Division (STAD), kerjasama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:33
Last Modified: 31 Aug 2020 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38506

Actions (login required)

View Item View Item