PENGARUH HARGA DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU SELF INJURY PADA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN TEMBALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Nadia Rachma Putri, 1301415034 (2020) PENGARUH HARGA DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU SELF INJURY PADA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN TEMBALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301415034.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena mengenai kecenderungan perilaku self injury yang terjadi dikalangan siswa SMP Negeri di Kecamatan Tembalang. Melalui studi pendahuluan yang dilakukan dengan wawancara Guru BK di masing-masing sekolah, terdapat siswa yang memiliki kecenderungan perilaku self injury. Masa remaja rentan terhadap perubahan perilaku dan pengaruh lingkungan yang dapat menimbulkan permasalahan pada remaja seperti stres, depresi, serta kurang mampu meregulasi emosinya. Beberapa tanda stres pada remaja yaitu melukai diri sendiri, percobaan bunuh diri, dan bunuh diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga diri terhadap kecenderungan perilaku self injury pada siswa SMP Negeri di Kecamatan Tembalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 187 siswa yang tersebar di kelas VIII dan IX. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala psikologis harga diri dan skala psikologis self injury. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis adalah uji korelasional regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat harga diri berada pada kategori sedang sedangkan tingkat kecenderungan self injury pada siswa berada pada kategori sedang dan ditemukan hubungan yang negatif signifikan antara harga diri dengan kecenderungan perilaku self injury pada siswa. Dari hasil tersebut dapat dipahami bahwa semakin tinggi tingkat harga diri siswa maka semakin rendah tingkat kecenderungan perilaku self injury. Berkaitan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat menindaklanjuti permasalahan siswa mengenai kecenderungan perilaku self injury dengan memberikan layanan konseling maupun melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Harga diri, Self Injury
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:23
Last Modified: 31 Aug 2020 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38503

Actions (login required)

View Item View Item