KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN BEHAVIOR MENGGUNAKAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN ATENSI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Ajeng Setyani, 1301415023 (2020) KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN BEHAVIOR MENGGUNAKAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN ATENSI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 29 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301415023.pdf] PDF - Published Version
Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi akan pentingnya atensi belajar yang harus dimiliki siswa untuk memahami, mempelajari dan mengingat materi yang disampaikan oleh guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Rendahnya atensi belajar siswa dapat mempengaruhi hasil dan prestasi belajar, maka perlu adanya strategi untuk meningkatkan atensi belajar siswa. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan atensi belajar siswa dalam penelitian ini adalah pendekatan behavior menggunakan teknik token economy. Penelitian ini membahas terkait dengan peningkatan atensi belajar melalui pemberian pendekatan behavior menggunakan teknik token economy. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan konseling individu pendekatan behavior menggunakan teknik token economy dalam meningkatkan atensi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis one group pre-test and post-test. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi yang berisikan items terkait dengan atensi belajar siswa yang diberikan kepada sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP N 29 Semarang sebanyak 5 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa (1) analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan tingkat atensi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, (2) pengujian hipotesis melalui analisis uji Wilcoxon untuk membuktikan keefektifan konseling individu pendekatan behavior menggunakan teknik token economy untuk meningkatkan atensi belajar siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data yang dilakukan terdapat peningkatan atensi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling individu pendekatan behavior menggunakan teknik token economy efektif untuk meningkatkan atensi belajar pada siswa. Hasil uji perhitungan uji Wilcoxon diperoleh P sebesar 0.043. Adapun pengambilan keputusan dalam uji Wilcoxon, jika P < 0.05, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Adapun hasil uji hipotesis dari hasil olah data yang didapat adalah 0.043 hal ini berarti bahwa P < 0.05. Maka hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individu pendekatan behavior menggunakan teknik token economy efektif untuk meningkatkan atensi belajar siswa kelas VIII di SMP N 29 Semarang. Sehubungan dengan hasil penelitian diatas diharapkan guru BK dapat bekerjasama melakukan kolaborasi dalam mengaplikasikan pendekatan behavior menggunakan teknik token economy untuk meningkatkan atensi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan behavior;token economy; atensi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:18
Last Modified: 31 Aug 2020 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38501

Actions (login required)

View Item View Item