HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI SEKECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Erfan Dwi Istiawan, 1301414096 (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI SEKECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301414096.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena banyaknya masyarakat yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan pendidikannya serta banyaknya mahasiswa yang merasa salah jurusan. Fokus yang diteliti merupakan siswa menengah atas yang pada tugas perkembangan usianya sedang tahap mengeksplorasi karier dengan mengungkap adanya hubungan kecerdasan emosional dengan pengambilan keputusan karier. Siswa pada kecamatan Mijen dipilih dengan pertimbangan banyaknya latar belakang yang mempengaruhi emosional serta faktor-faktor yang berperan dalam pengambilan keputusan kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan pengambilan keputusan karier pada siswa khususnya kelas XI. Jenis penelitian ini ekspos fakto (expost fakto research) dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Se-Kecamatan Mijen kota Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan hasil berjumlah 205 siswa sebanyak subjek sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis dengan skala kecerdasan emosional sebanyak 35 butir dan skala pengambilan keputusan karier sebanyak 43 butir. Metode analisis data menggunakan statistic deskriptif dan analisis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan pengambilan keputusan karier. Hasil tersebut berdasarkan perhitungan signifikasi = sig = 0,000 kurang dari α = 0,05. Koefisien antara kedua variabelnya sebesar 0,524 dengan angka tersebut menunjukkan hubungan yang positif dengan kriteria sedang. Sedangkan tingkat kecerdasan emosional cenderung pada tingkat kriteria sedang. Untuk tingkat pengambilan keputusan karier didapatkan pada hasil kriteria yang sedang juga. Pembahasan pada temuan penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi bagi guru bimbingan dan konseling serta kepala sekolah untuk dapat merancang program dan layanan yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa serta pengetahuan akan berbagai macam karier sehingga dapat mengambil keputusan akan kariernya di masa depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, pengambilan keputusan karier
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:14
Last Modified: 31 Aug 2020 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38500

Actions (login required)

View Item View Item