PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD LAMPER KIDUL 02 SEMARANG
PRIH SURATINI , 1402907226 (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD LAMPER KIDUL 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD LAMPER KIDUL 02 SEMARANG )
- Published Version
Download (741kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran IPA di Kelas V Semester I diharapkan secara klasikal sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai 70. Ternyata guru mengalami beberapa masalah yang berkaitan dengan keberhasilan siswa dalam memahami materi. Hal ini terlihat dari hasil akhir belajar pada semester pertama tahun pelajaran 2009-2010 masih sangat rendah yaitu rata-rata yang diperoleh siswa adalah 60 dengan ketuntasan kelas 50%. Kondisi seperti ini memerlukan perhatian dari guru untuk melakukan perbaikan pembelajaran dengan teknik bimbingan kelompok. Masalah penelitian ini adalah: (1) apakah pembelajaran menggunakan teknik bimbingan kelompok dalam belajar IPA dapat meningkatkan keterampilan guru Kelas V SD Lamper Kidul 02 Semarang? (2) apakah pembelajaran menggunakan teknik bimbingan kelompok dalam belajar IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siswa Kelas V SD Lamper Kidul 02 Semarang? (3) apakah pembelajaran menggunakan teknik bimbingan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas V SD Lamper Kidul 02 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan guru dalam pembelajaran IPA menggunakan teknik bimbingan kelompok di Kelas V SD Lamper Kidul 02 Semarang, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan teknik bimbingan kelompok Kelas V SD Lamper Kidul 02 Semarang, (3) peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan teknik bimbingan kelompok pada siswa Kelas V SD Lamper Kidul 02 Semarang. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Lamper Kidul 02 Semarang dengan jumlah siswa 40 orang dengan teknik penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) pada pembelajaran siklus I, keterampilan guru dalam pembelajaran teknik bimbingan kelompok adalah 3,2. Pada siklus II menjadi 3,4 dan siklus III 3,5 yang berarti keterampilan guru sudah baik, (2) skor rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 2,26. Pada siklus II meningkat menjadi 2,72 dan siklus III 3,15, (3) pada pembelajaran siklus I dari siswa yang mendapat nilai tuntas 52.5%, siklus II menjadi 57,5% dan siklus III 72,5%. Dalam perbaikan pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 65,4, siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 68,6, dan pada siklus III meningkat menjadi 70,6. Beberapa saran yang diajukan: (1) guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan teknik bimbingan kelompok dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal, (2) guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan kegiatan berbagai teknik pengajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, teknik bimbingan kelompok, IPA. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2011 02:11 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3850 |
Actions (login required)
View Item |