Studi Korelasi antara Karakteristik Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005.

Eni Arianti, 3201401036 (2005) Studi Korelasi antara Karakteristik Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Studi Korelasi antara Karakteristik Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (295Kb)

    Abstract

    Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang sangat penting yaitu kebiasaan-kebiasan belajar yang baik atau karakteristik belajar yang baik. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah hubungan antara karakteristik belajar dan prestasi belajar geografi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005? (2) seberapa besar pengaruh karakteristik belajar siswa terhadap prestasi geografi siswa? Penelitian ini bertujuan: (1) Ingin mengetahui tingkat korelasi antara karakteristik belajar siswa dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005, (2) Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005 Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA N Rembang Tahun Ajaran 2004/2005 yang berjumlah 170. Pengambilan sampel yang berjumlah 45 siswa dilakukan dengan proportional random sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini , yaitu (1) karakteristik belajar siswa yang meliputi cara mengikuti pelajaran di sekolah, persiapan sebelum mengikuti pelajaran, pemahaman konsep dan aplikasi konsep, cara membuat rangkuman atau ringkasan setelah mengikuti pelajaran dan cara menghadapi ujian atau ulangan (2) prestasi belajar geografi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptip dan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik belajar siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005 termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat skor hasil penelitian sebesar 6010 dibandingkan dengan skor maksimum 8100. Terdapat korelasi yang signifikan antara karakteristik belajar dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005. Hal ini dapat dillihat dari koefisien korelasi penelitian sebesar 0,305 > harga kritik sebesar 0,294 pada taraf kepercayaan 95% dan masuk dalam kategori rendah. Sedangkan besar pengaruh karakteristik belajar siswa terhadap prestasi belajar dapat dilihat dari koefisien determinasi yang diperoleh yaitu 9,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik belajar siswa merupakan modal yang berharga bagi pencapaian prestasi belajar secara optimal. Prestasi belajar siswa SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005 sudah baik, tetapi masih perlu ditingkatkan karena belum optimal. Adanya hubungan yang signifikan antara karakteristik belajar dan prestasi belajar geografi siswa kelas XI SMA N 2 Rembang Tahun Ajaran 2004/2005 perlu diperhatikan agar dapat menjadi fungsional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMA N 2 Rembang pada tahun-tahun yang akan datang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Belajar, Prestasi Belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 27 Mar 2011 23:14
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:00

    Actions (login required)

    View Item