HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI H MOENADI UNGARAN TAHUN AJARAN 2019/2020


Novera Solikhati, 1301414076 (2020) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI H MOENADI UNGARAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301414076.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pada data awal yang terjadi di SMK Negeri H Moenadi Ungaran bahwa terdapat ketidaksesuaian antara perencanaan karir dengan konsentrasi pendidikan yang sedang ditekuni siswa. Setelah diketahui lebih dalam siswa menekuni konsentrasi pendidikan yang sedang dijalani ini karena dukungan dari keluarga yang mengarahkan. Faktor kemampuan pengambilan keputusan karir salah satunya ialah dukungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan keluarga dengan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 100 siswa dari 144 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan skala dukungan keluarga dan skala kemampuan pengambilan keputusan karir. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas konstruk diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitasnya dengan rumus Alpha Cornbach’s pada skala dukungan keluarga (r = 800) dan skala kemampuan pengambilan keputusan karir (r = 838). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripstif persentase dan analisis korelasi product moment (pearson). Hasil analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa tingkat dukungan keluarga masuk dalam kategori sedang dengan skor klasifikasi antara 57-70 sebesar 74%. Sedangkan kemampuan pengambilan keputusan karir masuk dalam kategori sedang sedang dengan skor klasifikasi antara 47-64 sebesar 69% dan ada hubungan yang positif dan signifikan dengan derajat korelasi lemah antara dukungan keluarga dengan kemampuan pengambilan keputusan karir dengan nilai (r = 0,242, p = 0,015 <0,05), dan nilai r berada pada rentang 0,21-0,40 pada derajat interpretasi hubungan koefisien r. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan. Berdasarkan hasil tersebut maka guru BK untuk melibatkan keluarga siswa dalam proses pemberian layanan karir bagi siswa dengan bentuk layanan konsultasi bagi orang tua dan layanan informasi karir bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 12:10
Last Modified: 31 Aug 2020 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38499

Actions (login required)

View Item View Item