EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMPELGADING PEMALANG


Alfi Rachmah Hidayah, 1301414058 (2020) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMPELGADING PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301414058.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena rendahnya kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Pemalang. Siswa siswa yang memiliki masalah kurang percaya diri mereka cenderung mudah cemas dalam menghadapi kesulitan, sulit menetralisir timbulnya ketegangan, bereaksi negatif dalam menghadapi masalah, dan gugup. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok teknik Assertive Training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Pemalang sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik assertive training, menganalisis kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Pemalang sesudah diberikan layanan konseling kelompok teknik assertive training serta membuktikan efektivitas konseling kelompok teknik assertive training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design berbentuk One-Group Pretest-Postest. Subyek penelitian 7 dari 61 siswa yang mengikuti Pretest. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan Treatment berupa layanan konseling kelompok teknik Assertive Traininng tingkat kepercayaan diri siswa meningkatkan rata- rata 15%, dari hasil awal 49%, menjadi 64% saat postest. Selain itu diperoleh data dari hasil uji Wilcoxon yaitu Asymp.sig (2 tailed) bernilai 0,018. Nilai Asymp.sig 0,018 < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Dengan kata laian bahwa koseling kelompok teknik Assertive Training dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 2 Ampelgading Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, konseling kelompok teknik assertive training
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 11:28
Last Modified: 31 Aug 2020 11:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38498

Actions (login required)

View Item View Item