HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN MOTIVASI BELAJAR MENGHADAPI TES FORMATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PENAWANGAN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Evan Dhani Rindu Rulita Devi, 1301414022 (2020) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN MOTIVASI BELAJAR MENGHADAPI TES FORMATIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PENAWANGAN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301414022.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Penawangan yang menunjukkan bahwa siswa mengalami motivasi belajar yang rendah. Faktor yang dominan pada motivasi belajar siswa yaitu: self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar dan self-efficacy, menganalisis hubungan antara self-efficacy dengan motivasi belajar menghadapi tes formatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 290 siswa. Sampel penelitian sebanyak 158 siswa dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dengan nilai reliabilitas 0,727; dan skala self-efficacy dengan nilai reliabilitas 0,723. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan teknik korelasi product moment. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara self-efficacy dan motivasi belajar yang ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (rxy) = 0,481 dengan nilai signifikansi = 0,000. Apabila dibandingkan dengan r-tabel = 0,481 > 0,159, maka diperoleh hasil r hitung > r tabel. Hipotesis yang menyatakan “ada hubungan antara self-efficacy dengan motivasi belajar” diterima. Semakin tinggi self-efficacy maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Selanjutnya dilihat dari besarnya (rxy) = 0,481 dapat disimpulkan antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang cukup/ sedang. Bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara self-efficacy dengan motivasi belajar menghadapi tes formatif. Disarankan kepada guru BK agar menjalin kerjasama dengan semua stakeholder BK khususnya wali kelas dan guru mata pelajaran untuk membantu meningkatkan perkembangan siswa yang berkaitan dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat lebih mendalam dan memperluas terkait dengan metode atau jenis penelitian yang berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Tes Formatif, Self-Efficacy
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 11:23
Last Modified: 31 Aug 2020 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38496

Actions (login required)

View Item View Item