PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI PADA PROGRAM KEGIATAN RUMAH BACA SAHABAT JIWA DI KAMPUNG PURWASARI KOTA CIREBON


Aida Nurfadhilah, 1201416011 (2020) PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI PADA PROGRAM KEGIATAN RUMAH BACA SAHABAT JIWA DI KAMPUNG PURWASARI KOTA CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201416011.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan gerakan literasi pada program kegiatan rumah baca sahabat jiwa dilatarbelakangi oleh persoalan anak-anak kampung purwasari yang memiliki karakteristik agresif seperti mudah marah, mudah memukul, mudah memaki terhadap orang lain yang membuat salah satu anggota komunitas sahabat jiwa mendirikan rumah baca sebagai tempat bermain, belajar serta mengembangkan karakter dalam diri anak. Adanya gerakan literasi tersebut, dapat menjadi solusi terhadap masalah karakter anak yang terjadi di Kampung Purwasari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi, kendala yang dihadapi, faktor pendukung serta dampak rumah baca sahabat jiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengelola, 3 pendidik, 1 relawan, 2 masyarakat, dan 5 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan gerakan literasi pada program kegiatan rumah baca sahabat jiwa meliputi kegiatan kelompok belajar baca tulis matematika, kelompok belajar bahasa inggris, literasik dan sekolah kreatif yang dilaksanakan pendidik dengan berpedoman pada tujuan, materi,sumber belajar, metode, media, proses kegiatan, sarana prasarana dan evaluasi 2) kendala yang dihadapi kurangnya konsisten anak-anak, ruangan yang sempit, kurangnya dukungan orangtua, partisipasi orangtua serta budaya masyarakat sekitar yang kurang peduli terhadap anaknya. Faktor pendukung yaitu adanya dukungan ijin dari rt/rw, terdapat community partner dengan smanda golden voice, guru yang mengajar hasta karya dan pendongeng serta donatur 3) Dampak jangka pendek rumah baca yaitu anak-anak mulai familiar pada buku, bisa berkenalan menggunakan bahasa inggris, lebih tertib saat kegiatan berlangsung, mulai mandiri dalam membuat hasta karya. Dampak jangka panjang rumah baca yaitu minat membaca anak-anak meningkat dan menjadi percaya diri untuk berani tampil di depan umum. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan gerakan literasi pada program kegiatan rumah baca sahabat jiwa yang tidak hanya sekedar kegiatan membaca dan dilaksanakan berdasarkan komponen-komponen pendidikan. Kendala berasal dari peserta didik, sarana prasarana dan partisipasi serta budaya masyarakat sekitar. Faktor pendukung dari community partner dan donator. Adanya rumah baca ini memberikan dampak jangka pendek maupun jangka panjang terhadap hasil belajar anak-anak terkait penguasaan materi, karakter dan ketrampilan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Gerakan Literasi, Rumah Baca Sahabat Jiwa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 11:09
Last Modified: 31 Aug 2020 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38493

Actions (login required)

View Item View Item