PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SEMARANG


Wijianto, 1201415071 (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201415071.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Homeschooling adalah sistem pengganti alternatif sekolah untuk memberikan pendidikan yang keberadaannya diakui secara sah dan sederajat dengan pendidikan sekolah formal sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Homeschooling Primagama Semarang merupakan salah satu pendidikan nonformal yang baik di Semarang. Melalui Homeschooling Primagama Semarang anak-anak dapat belajar dan bermain dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja tanpa terikat dengan jam pelajaran (lonceng bel) dalam sekolah formal. Penelitian ini mengambil lima subjek penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diambil berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan pnarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa proses pengelolaan pembelajaran di Homeschooling Primagama Semarang dimulai dari kegiatan Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, Pengawasan Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Faktor pengahambat dan pendukung yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaran di Homeschooling Primagama Semarang diantaranya adalah faktor pendukung yaitu guru yang berkompeten, serta para warga belajar yang aktif, antusias dan kooperatif dengan program pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang belum dapat memenuhi kebutuhan warga belajar seiring dengan bertambahnya warga belajar tersebut. Berdasarkan kegiatan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran di Homeschooling Primagama Semarang telah dilaksanakan secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan perencanaan program. Serta terdapat juga faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhinya, sehingga peneliti memberikan saran yaitu untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang lebih efektif dan modern untuk menunjang kegiatan pembelajaran warga belajar yang memiliki kebutuhan berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Homeschooling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 11:06
Last Modified: 31 Aug 2020 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38492

Actions (login required)

View Item View Item