MODEL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA


Indah Ayuning Tyas , 4201405521 (2010) MODEL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (814kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa rata-rata nilai mid semester 1 tahun ajaran 2009/2010 mata pelajaran fisika untuk kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Ungaran relatif rendah dan belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Konsep-konsep materi mata pelajaran fisika sering disampaikan dengan formula matematika, guru kurang memberikan contoh nyata penerapan konsep fisika pada teknologi, dampaknya pada masyarakat dan lingkungan (visi SETS). Dengan demikian, siswa yang kurang menguasai matematika semakin merasa kesulitan memahami konsep-konsep fisika. Hal ini menyebabkan para siswa kurang meminati mata pelajaran fisika, sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran cenderung rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society). Model pembelajaran dengan pendekatan SETS meminta siswa menghubungkaitkan antara konsep sains yang dipelajari dengan unsur lain dalam SETS, sehingga siswa dapat mengetahui keterkaitan setiap unsur dalam SETS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran fisika berpendekatan SETS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Ungaran. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar untuk mengetahui pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Ungaran mengalami peningkatan sebesar 21,02%, yaitu dari 46,76% pada siklus I menjadi 67,82% pada siklus II. Selain itu, diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sudah mencapai KKM yang diterapkan dengan nilai rata-rata kelas meningkat dari 69,44 menjadi 82,78. tuntasan belajar klasikal mencapai 94,44%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Fisika dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Ungaran. Berdasarkan hal tersebut, maka model pembelajaran fisika dengan pendekatan SETS dapat dijadikan alternatif pengajaran bagi guru dalam melatih keaktifan dan pemahaman siswa. Selain itu, model pembelajaran fisika dengan pendekatan SETS sebaiknya disampaikan secara terus-menerus dan berkesinambungan agar siswa terbiasa dan memahami hubungan antar unsur SETS sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendekatan SETS, Pemahaman, Aktivitas belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2011 02:03
Last Modified: 25 Apr 2015 05:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3849

Actions (login required)

View Item View Item