PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI INDUSTRI RUMAHAN CERIPING TALAS DI DUSUN TLANGU DESA SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


ALIF FATANSYAH, 1201414088 (2020) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI INDUSTRI RUMAHAN CERIPING TALAS DI DUSUN TLANGU DESA SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201414088.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan suatu proses penyadaran dan pembentukan kapasitas terhadap partisipasi yang lebih besar seperti kekuasaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan serta tindakan transfomasi yang mengarah pada perwujudan persamaan derajat yang lebih besar antara perempuan dan laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah proses pemberdayaan ibu-ibu (perempuan) serta faktor penghambat dan pendukung industri rumahan ceriping talas di Dusun Tlangu Desa Sukorejo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 5 orang perempuan janda yang tergabung dalam industri rumahan ceriping talas Dusun Tlangu Desa Sukorejo Kabupaten Kendal. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian pemberdayaan perempuan janda ada tiga tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Tahap perencanaan digunakan untuk melakukan penyuluhan dan ajakan untuk bekerjasama melakukan kegiatan industri rumahan ceriping talas. Pada proses pelaksanaan, dilakukan pelatihan dan pengamatan terhadap proses produksi ceriping talas. Tahap evaluasi yang dilakukan agar seluruh proses produksi ceriping talas terkontrol dalam pelatihan perencanaan dan pembinaan pelaksanaan. Faktor penghambat dan pendukung berasal dari eksternal dan internal yaitu stok barang dan target pasar. Simpulan penelitian pemberdayaan perempuan ini adalah faktor penghambat dan pendukung tidak mempengaruhi jalannya proses produksi. Adapun saran yang dapat diberikan ialah perluasan tempat produksi, menambah inovasi rasa dan melakukan pemberdayaan perempuan di daerah lain untuk meningkatkan perekonomian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Industri Rumahan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 10:53
Last Modified: 31 Aug 2020 10:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38489

Actions (login required)

View Item View Item