Pengembangan Aplikasi ”Coda” untuk Pembelajaran Mandiri Pemrograman Dasar Materi Dasar HTML Berbasis Mobile Learning Kelas X di SMK Palebon Semarang


Tenti Lidiyasari, 1102416062 (2020) Pengembangan Aplikasi ”Coda” untuk Pembelajaran Mandiri Pemrograman Dasar Materi Dasar HTML Berbasis Mobile Learning Kelas X di SMK Palebon Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416062.pdf] PDF - Published Version
Download (547kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SMK Palebon Semarang terdapat beberapa kendala yang dialami oleh siswa maupun guru terutama pada pembelajaran Pemrograman Dasar materi Dasar HTML. Kurangnya variasi metode mengajar dan terbatasnya media yang digunakan siswa di kelas maupun di luar kelas menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi berbasis mobile learning sebagai solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana hasil pengembangan aplikasi Coda berbasis mobile learning, bagaimana kelayakan dan seberapa efektif penerapannya pada pembelajaran Pemrograman Dasar materi Dasar HTML. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahapan awal dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan informasi dan menganalisi kebutuhan, perencanaan dan mengembangkan instrumen, merancang dan membuat aplikasi mobile learning, menerapkan pada pembelajaran, serta melakukan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi syarat. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli media pada aspek multimedia, tampilan program, pengalaman pengguna, dan materi mendapatkan nilai sebesar 96,5% dalam kategori sangat baik. Dari hasil validasi oleh ahli materi dalam aspek panduan dan informasi, materi aplikasi, dan evaluasi memperoleh nilai 82,2% dalam kategori sangat baik. Hasil uji t diperoleh ttabel = 1,685 dan thitung = 4,251, maka thitung > ttabel, dimana 4, 251 > 1,685, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dengan posttest..Hasil uji efektifitas dengan uji NGain diperoleh gain score sebesar 0,4478 atau 44,78%. Sehingga gain score berada dalam kategori sedang, maka Ha diterima. Kesimpulannya adalah aplikasi Coda berbasis mobile learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pemrograman Dasar materi Dasar HTML di SMK Palebon Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android, Keefektifan, Mobile Learning, Pembelajaran Mandiri, Pengembangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 10:49
Last Modified: 31 Aug 2020 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38488

Actions (login required)

View Item View Item