PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN MIJEN


Yesyta Maya Sari, 1102416044 (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416044.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam pendidikan formal. Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satu syarat utamanya adalah meningkatkan kualitas tenaga pendidik yaitu guru. Guru merupakan bagian dari sistem yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan, untuk itu guru dalam proses pembelajaran harus memiliki kemampuan kompetensi profesional guna mencapai harapan yang dicita-citakan dalam melaksanakan pendidikan pada umumnya dan proses pembelajaran pada khususnya. Tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar mempengaruhi kompetensi profesional guru. Dengan tingkat pendidikan tinggi pastinya akan berperan dalam kompetensi profesional guru. Demikian juga halnya dengan pengalaman mengajar, guru tentu lebih menguasai bidangnya, hal ini disebabkan karena dengan pengalaman mengajar, guru dapat memiliki berbagai macam keterampilan, keahlian, dan kemampuan yang diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan analisis masalah tersebut maka penelitian ini dianggap perlu dilakukan untuk menjawa apakah tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh guru sekolah dasar se-Kecamatan Mijen. Teknik pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 42 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji t tingkat pendidikan terhadap kompetensi profesional sebesar 2,243 dengan signifikansi 0,000. Signifikansi 0,002 < 0,05. Sedangkan hasil uji t pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional sebesar 3,966 dengan signifikansi 0,002. Yang berarti Ho ditolak sehingga Ha diterima artinya terdapat pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi profesional. Berdasarkan penelitian, temuan peneliti yaitu agar ada pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, khususnya bagi guru SD se-Kecamatan Mijen. Dalam bidang teknologi pendidikan, penelitian ini berfungsi untuk menambah pengetahuan, serta dapat memberikan informasi mengenai kompetensi profesional guru. Hal ini sesuai dengan definisi Teknologi Pendidikan menurut AECT (2008), antara lain yaitu Learning, Performance, dan Managing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Pengalaman Mengajar, Tingkat Pendidikan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Aug 2020 10:45
Last Modified: 31 Aug 2020 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38487

Actions (login required)

View Item View Item