PEMETAAN RUMAH TANGGA MISKIN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG


Lina Agnia , 3212316019 (2019) PEMETAAN RUMAH TANGGA MISKIN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMETAAN RUMAH TANGGA MISKIN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG] PDF (PEMETAAN RUMAH TANGGA MISKIN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (628kB)

Abstract

Permasalahan rumah tangga miskin merupakan permasalahan multidimensional dan mendesak untuk segera di tangani. Kemiskinan di Kecamatan Suruh diharapkan dapat di atasi dengan cepat dan tepat. Tujuan penelitian ini untuk menyajikan data dalam bentuk peta rumah tangga miskin serta keadaan secara umum kemiskinan di Kecamatan Suruh. Sumber data dalam pembuatan peta berupa basis data terpadu, yang merupakan Program Perlindungan Sosial yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Di gunakan dalam menetapkan sasaran penerima program Raskin, Jamkesmas, Bantuan Siswa Miskin, Program Keluarga Harapan, maupun program – program lain yang d kelola pemerintah daerah. Subjek penelitian meliputi rumah tangga miskin di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang terbagi dalam tingkat sangat miskin, miskin, hampir miskin, dan rentan miskin. Metode pegumpulan data berupa metode observasi .Teknik analisis data berupa analisis menggunakan sistem informasi geografis serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada Kecamatan Suruh terdapat 1494 rumah tangga Desil 1 yaitu kelompok 10% terendah atau sangat miskin, 1794 rumah tangga Desil 2 yaitu rumah tangga dalam kelompok antara 10-20% terendah atau miskin, 2030 rumah tangga Desil 3 yaitu rumah tangga dalam kelompok antara 20-30% terendah atau hampir miskin, dan 1575 rumah tangga Desil 4 yaitu rumah tangga dalam kelompok 40% dengan tingkat kesejahteraan paling tinggi atau rentan miskin. Saran dalam penelitian kepada para peneliti dengan tema kemiskinan, hendaknya melakukan penelitian kemiskinan lebih mendalam sehingga faktorfaktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan dapat di kaji lebih baik..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rumah Tangga, Miskin, Sistem Informasi Geografis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:23
Last Modified: 31 Aug 2020 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38482

Actions (login required)

View Item View Item