PENGARUH PENAMBAHAN BIOETHANOL TEBU PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN PERFORMA MESIN HONDA REVO 110 CC


Adam Maulana , 5202415035 (2020) PENGARUH PENAMBAHAN BIOETHANOL TEBU PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN PERFORMA MESIN HONDA REVO 110 CC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202415035.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Selaras dengan meningkatnya dengan perilaku konsumtif masyarakat terhadap penggunaan alat transportasi berdampak pula terhadap peningkatan kendaraan bermotor di Indonesia. Hal ini mengakibatkan banyaknya konsumsi bahan bakar minyak sebagai bahan bakar utama kendaraan tersebut, dan juga memiliki dampak terhadap meningkatnya polusi udara yang berasal dari gas buang pembakaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan bioetanol tebu dengan bahan bakar pertalite terhadap emisi gas buang dan performa mesin. Penelitian ini menggunakan analisis data statistika deskriptif. Pengujian emisi gas buang menggunakan Exhaust Gas Analyzer sedangkan pengujian performa mesin menggunakan Dynamometer. Analisis ini digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Proses pengujian yang dilakukan sebanyak tiga kali kemudian dijumlahkan untuk dicari rata-rata dari masing-masing pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penambahan bioetanol tebu dengan bahan bakar pertalite terhadap emisi gas buang dan performa mesin. Hasil spesifiknya yaitu Ada pengaruh penambahan bioetanol tebu dalam bahan bakar terhadap emisi gas buang honda revo 110cc, semakin banyak campuran bioetanol cenderung menurunkan emisi CO dan HC pada gas buang. Campuran bahan bakar label PB20 (pertalite 80% + bioetanol 20%) menghasilkan CO dan HC yang paling rendah dibandingkan bahan bakar pertalite murni yaitu dengan kadar 0,829% dan 128,889 ppm. Sedangkan pengaruh penambahan bioetanol tebu dalam bahan bakar terhadap performa mesin honda revo 110cc yaitu meningkatkan dan menurunkan torsi dan daya. Pada campuran pertalite 95% + 5% bioetanol dapat menaikan torsi 5,6% sedangkan pada campuran di atas 5% bioetanol dalam pertalite cenderung menurunkan tosi 1%. Hal yang sama terjadi pada daya mesin, campuran pertalite 95% + 5% bioetanol dapat menaikan daya 5% sedangkan pada campuran di atas 5% bioetanol cenderung menurunkan daya 2%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, bioetanol, emisi gas buang, performa mesin
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:24
Last Modified: 31 Aug 2020 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38475

Actions (login required)

View Item View Item