ANALISIS PENGARUH BEBAN DINAMIS KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE NUMERIS CYCLIC 1D DENGAN PELETAKAN ACCELEROMETER DI ATAS PERKERASAN JALAN


Nadzim Febry Bayu Aji, 5113414052 (2019) ANALISIS PENGARUH BEBAN DINAMIS KENDARAAN MENGGUNAKAN METODE NUMERIS CYCLIC 1D DENGAN PELETAKAN ACCELEROMETER DI ATAS PERKERASAN JALAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5113414052.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Beban kendaraan seringkali dianggap beban statis pada setiap perhitungan tebal perkerasan, akan tetapi dalam kenyataannya kendaraan bergerak sehingga seharusnya beban kendaraan dianggap beban dinamis. Seharusnya perhitungannya juga harus menggunakan beban dinamis bukan menggunakan beban statis (Zazir, 1994). Beban dinamis adalah beban yang intensitasnya berubah ubah berdasarkan fungsi waktu, sehingga dapat dikatakan besarnya beban merupakan fungsi waktu. Secara sederhana dinamis dapat diartikan sebagai variasi atau perubahan terhadap waktu dalam konteks gaya yang bekerja (eksitasi) pada struktur. Beban dinamis dapat berupa variasi besarannya (magnitude), arahnya (direction) atau posisinya (point of application) berubah terhadap waktu (Taufik, 2011). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode HVSR (Horizontal Vertical Spectral Ratio) dan analisis berbagai respon tanah menggunakan Cyclic 1D. Metode HVSR (Horizontal Vertical Spectral Ratio) digunakan untuk mencari nilai frekuensi serta faktor amplifikasi dari lapisan tanah ketika dilewati kendaaraan. Dengan menggunakan nilai frekuensi dan faktor amplifikasi tanah tersebut, metode ini juga dihgunakan untuk memprediksi nilai indeks kerentanan tanah sebagai parameter potensi likuifaksi tanah tersebut terhadap beban kendaraan yang lewat, sedangkan analisis respon tanah menggunakan Cyclic 1D digunakan untuk mencari horizontal displacement, horizontal acceleration, excess pore pressure, effective confinemet, shear strain dan shear stress pada lokasi penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan besaran energi yang ditangkap akibat beban dinamis kendaraan yaitu berupa nilai frekuensi tanah sebesar 5.553885Hz dan nilai faktor amplifikasi sebesar 1.26088 ketika kendaraan melintas, serta didapatkan nilai index kerentanan tanah sebesar 0.286 yang menunjukkan bahwa tanah lokasi tersebut masuk dalam kategori faktor amplifikasi rendah yang menunjukan lokasi penelitian tersebut berada pada kategori tanah yang tidak berpotensi terjadinya likuifaksi mikro.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akselerometer, mikrotemor, HVSR, amplifikasi, Cyclic1D.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:09
Last Modified: 31 Aug 2020 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38467

Actions (login required)

View Item View Item