UJI TRIAKSIAL UNCONSOLIDATED – UNDRAINED (TAK TERKONSOLIDASI – TAK TERDRAINASE) TANAH DASAR PADA KAWASAN RENCANA PEMBANGUNAN SPORT CENTER KOTA TEGAL


Pipit Nurpita Lusiana , 5101416029 (2020) UJI TRIAKSIAL UNCONSOLIDATED – UNDRAINED (TAK TERKONSOLIDASI – TAK TERDRAINASE) TANAH DASAR PADA KAWASAN RENCANA PEMBANGUNAN SPORT CENTER KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101416029.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pipit Nurpita Lusiana. 2020. Uji Triaksial Unconsolidated – Undrained (Tak Terdrainase – Tak Terkonsolidasi) Tanah Dasar Pada Kawasan Rencana Pembangunan Sport Center Kota Tegal. Dosen Pembimbing Drs. Lashari, M.T. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Tanah adalah bagian yang terdapat pada kerak bumi yang tersusun atas mineral dan bahan organik. Tanah merupakan salah satu penunjang yang membantu kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi. tanah juga berfungsi sebagai pendukung pondasi dari bangunan. Seperti halnya pada lokasi pembangunan Sport Center Kota Tegal masuk kealam jenis tanah lempung lunak dengan ketebalan lempung lunak pada kawasan ini sangat tebal dan diketahui bahwa tanah keras sangat dalam hingga mencapai kedalaman -40 meter dibawah permukaan tanah. Pengambilan sample tanah di lakukan di salah satu wilayah di Kota Tegal Jawa Tengah dengan kedalaman 15 meter. Pengujian dilakukan di laboratorium Mekanika Tanah Jurusan Teknik Sipil UNNES. Pengujian yang dilakukan meliputi uji karakteristik tanah, dan uji triaksial unconsolidated – undrained. Hasil Analisis menunjukkan bahwa jenis tanah di kawan rencana pembangunan sport center menurut AASHTO dan USCS yaitu tanah berlempung. Hasil pengujian triaksial menurut tabel klasifikasi nilai kohesi masuk kedalam 3 jenis tanah berbeda yaitu, jenis tanah very soft, soft dan medium.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tanah lempung, karakteristik tanah, triaksial
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Aug 2020 17:29
Last Modified: 30 Aug 2020 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38453

Actions (login required)

View Item View Item