SISTEM MONITORING ENERGI LISTRIK DAN PENGENDALI AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) DENGAN INTERNET OF THINGS UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA


Novi Kurniawan , 4611416001 (2020) SISTEM MONITORING ENERGI LISTRIK DAN PENGENDALI AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) DENGAN INTERNET OF THINGS UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611416001.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Internet of Things adalah teknologi yang menghubungkan perangkat komunikasi dengan perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari menggunakan internet sebagai media untuk berkomunikasi antara perangkat dengan pengguna. Penggunaan teknologi IoT dapat di implementasikan pada sistem pembangkit listrik tenaga surya. Teknologi IoT yang diimplementasikan pada penelitian ini untuk memantau dan mengontrol penggunaan baterai pada pembangkit listrik tenaga surya. Teknologi saat ini, penggunaan baterai hanya dapat dipantau dari dekat untuk mendapatkan informasi mengenai kapasitas baterai dan penggunaan baterai. Saat baterai dalam keadaan kosong atau tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik, tidak dilengkapi oleh pengalihan sumber listrik yang ada semisal listrik PLN. Maka, dibutuhkan sebuah teknologi terbarukan untuk mendapatkan informasi tentang baterai dan pengalihan sumber listrik yang dapat diakses dari jarak jauh dan dapat diakses melalui internet. Perancangan smart monitoring system ini mempunyai tahapan yaitu planning, design, coding, dan test. Hasil dari penelitian ini adalah dapat melihat data berupa kapasitas baterai, arus listrik dan daya listrik yang digunakan pada aplikasi Android. Data-data tersebut didapat dari sensor yang berada pada smart monitoring yang terhubung pada jaringan internet dan disimpan pada database server. Kemudian data yang berada pada database server akan diambil oleh aplikasi untuk ditampilkan kepada pengguna berupa grafik dan list penggunaan. Selanjutnya system Automatic Transfer Switch bekerja jika sensor kapasitas baterai sudah membaca kurang dari 11.4V maka relay akan memindahkan kebutuhan listrik ke PLN secara otomatis. Aplikasi smartphone Android digunakan sebagai alat monitoring untuk melihat data secara realtime.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Monitoring, Automatic Transfer Switch, Internet of Things NodeMCU ESP32
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Aug 2020 16:27
Last Modified: 30 Aug 2020 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38450

Actions (login required)

View Item View Item