Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kompetensi Dasar Keragaman Bentuk Muka Bumi Kelas VII SMP N 1 Mijen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011


Dyah Dwi Anggraini , 3201406539 (2011) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kompetensi Dasar Keragaman Bentuk Muka Bumi Kelas VII SMP N 1 Mijen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kompetensi Dasar Keragaman Bentuk Muka Bumi Kelas VII SMP N 1 Mijen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kompetensi Dasar Keragaman Bentuk Muka Bumi Kelas VII SMP N 1 Mijen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kenyataannya banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran geografi sebagai pelajaran yang membosankan, hal ini salah satunya disebabkan karena kurang tepatnya media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis menggunakan media flip chart karena media flip chart memiliki keunggulan dari media lainnya. Jika dibandingkan dengan media lainnya media flip chart lebih murah, lebih praktis, siswa dapat membuat sendiri selain itu media flip chart bersifat permanen sehingga dapat digunakan kembali. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh penggunaan media flip chart terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS geografi kompetensi dasar keragaman bentuk muka bumi siswa kelas VII SMP N 1 Mijen Demak tahun ajaran 2010/2011, (2) Bagaimana perbedaan prestasi belajar antara sebelum menggunakan media flip chart dengan sesudah menggunakan media flip chart pada mata pelajaran geografi kompotensi dasar keragaman bentuk muka bumi siswa kelas VII semester I SMP N 1 Mijen Demak tahun ajaran 2010/2011. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media flip chart terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi kompetensi dasar keragaman bentuk muka bumi kelas VII SMP N 1 Mijen Demak tahun pelajaran 2010/2011. (2) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara sebelum menggunakan media flip chart dengan sesudah menggunakan media flip chart pada mata pelajaran geografi kompotensi dasar keragaman bentuk muka bumi siswa kelas VII semester I SMP N 1 Mijen Demak tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Mijen Demak yang berjumlah 278. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Tujuan dari pengambilan sampel dengan teknik purposive adalah pengambilan sampel dari populasi yang memiliki kesamaan dengan populasinya/dapat mewakili populasi (Sample Regresentatif). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA. Proses pembelajaran dengan menggunakan media flip chart, proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan media flip chart. Alat dari data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis untuk uji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ulangan kompotensi dasar keragaman bentuk muka bumi dari analisis data menggunakan uji statistik diperoleh yaitu 13,330 dengan taraf signifikan diperoleh yaitu 1,67. Karena maka dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar pre-test dan post-test, dan dinyatakan bahwa ada pengaruh menggunakan media flip chart. Respon siswa yang menggunakan media flip chart rata-rata 86,89% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media flip chart terhadap prestasi belajar, hal ini karena siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, siswa berperan dalam membangun pengetahuannya baik segi kognitif,, afektif, maupun psikomotorik. Adanya perbedaan antara pre-test dan post-test. Hal itu dibuktikan dengan perhitungan uji t. respon siswa yang diajar dengan menggunakan media flip chart sudah sangat baik. Saran dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran guru bisa menggunakan media flip chart karena dengan menggunakan media flip chart dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Flip Chart, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QB Astronomy
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Aug 2011 01:44
Last Modified: 25 Apr 2015 05:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item