PERLINDUNGAN HUKUM TERKAIT HAK PRIVASI DATA PRIBADI KONSUMEN DENGAN ADANYA LOCATION BASED ADVERTISING (LBA) DI INDONESIA
Debora Aswinda Solin , 8111414203 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERKAIT HAK PRIVASI DATA PRIBADI KONSUMEN DENGAN ADANYA LOCATION BASED ADVERTISING (LBA) DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi dan informatika memengaruhi beberapa aspek di kehidupan seharihari. Seiring dengan kemajuan teknologi dan informatika kebutuhan akan marketing yang lebih efektif dan efisien sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Salah satu kemajuan teknologi yang menawarkan layanan promosi efektif dan efisien adalah mobile advertising. Mobile advertising yang menjadi fokus penelitian ini adalah Location Based Advertising (LBA) atau iklan berbasis lokasi. Jenis mobile advertising ini membutuhkan lokasi pelanggan dan mengirimkannya melalui BTS atau Tower provider sehingga iklan dalam bentuk SMS akan masuk ke ponsel pengguna. LBA akan mengirimkan secara random kepada setiap konsumen yang berada dalam radius ±300 meter dari lokasi BTS dan pelaku usaha. LBA ini berisi iklan baik informasi maupun promo tentang produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha. Pengiriman LBA secara acak dan tiba-tiba serta tidak meminta izin kepada pengguna menjadi persoalan yang muncul. Konsumen merasa kurang nyaman dan terganggu dengan pengiriman LBA yang secara terus menerus dan tiba-tiba otomatis masuk ke ponsel mereka ketika mendekati lokasi tertentu. Pengiriman LBA yang tanpa izin dan secara tiba-tiba ini mengganggu hak privasi konsumen sebagai pemilik SIM Card tersebut. Setelah mencermati persoalan tersebut diatas, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah Implementasi hak atas kenyamanan dan hak privasi konsumen dengan adanya LBA di Indonesia dan (2). Bagaimanakah perlindungan hukum yang dapat diperoleh konsumen dengan adanya LBA di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis sosiologis. Pendekatan penelitian bersifat pendekatan kualitatif. Penelitian hukum sosiologis lebih banyak melakukan pengamatan dan pengkajian terhadap objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan data lapangan. Lokasi penelitian berada di pusat perbelanjaan yang berada di Kota Semarang. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa: (1). Sistem LBA dalam periklanan Indonesia bersinggungan pada hak ekonomi pelaku usaha dan hak privasi konsumen. Provider kartu seharusnya memberikan pilihan kepada konsumen untuk menerima atau menolak pengiriman LBA sehingga hak atas kenyamanan dan kemanana konsumen tidak terganggu. Nantinya pelaku usaha juga tetap bisa mengirimkan LBA kepada konsumen yang merasakan manfaat dari LBA tersebut. (2). Perlindungan hukum yang dilakukan pemerintah secara umum adalah UUPK, UU ITE, Permen Kominfo No. 20 Tahun 2016 namun belum ada peraturan yang secara spesifik mengatur tentang LBA dan Perlindungan Data Pribadi. Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1). Sistem LBA perlu untuk dibenahi dalam hal pemberikan pilihan kepada konsumen untuk memilih atau menolak pengiriman LBA melalui ponsel mereka. Nantinya sistem ini akan melindungi hak atas kenyamanan dan menjamin privasi konsumen (2). Pemerintah sudah seharusnya mengesahkan UU Perlindungan Data Pribadi sebagai dasar hukum utama dalam menjamin hak privasi masayarakat memberikan perlindungan terhadap data pribadi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LBA, Konsumen, Perlindungan Hukum. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Fakultas: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 20:33 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 20:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38410 |
Actions (login required)
View Item |