PELAKSANAAN ACCESS REFORM DALAM PROGRAM REFORMA AGRARIA PASCA PELAKSANAAN REDISTRIBUSI TANAH TAHUN 2011 DI DESA TRISOBO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


GRINTA SURYA DEVI SULISTYORINI , 8111414199 (2018) PELAKSANAAN ACCESS REFORM DALAM PROGRAM REFORMA AGRARIA PASCA PELAKSANAAN REDISTRIBUSI TANAH TAHUN 2011 DI DESA TRISOBO KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111414199.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Reforma Agraria merupakan program yang ditujukan untuk menata ulang kepemilikan dan penguasaan tanah yang berkeadilan demi mewujudkan kesejahteraan salah satunya melalui redistribusi tanah. Setelah pelaksanaan redistribusi tanah, perlu adanya pelaksanaan access reform yang berkaitan dengan penataan dukungan sarana dan prasarana, sehingga memungkinkan petani memperoleh akses ke sumber ekonomi di wilayah pedesaan yang terdiri dari sarana dan prasarana pertanian, pengairan, jalan, usaha tani, pemasaran produksi, koperasi usaha tani, dan perbankan. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan access reform yang diterapkan pasca redistribusi tanah di Desa Trisobo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal? (2) Bagaimana dampak pelaksanaan access reform yang diterapkan pasca redistribusi tanah terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Trisobo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal? Penelitian ini merupakan penelitian hukum melalui pendekatan yuridis empiris dengan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara, dokumen, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang didapatkan kemudian dianalisis secara kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan access reform pasca redistribusi tanah di Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal telah dilaksanakan pada tahun 2011, antara lain pembagian sertipikat tanah Hak Milik oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal, penyuluhan dan pembagian kredit modal usaha oleh Bank Jawa Tengah Cabang Kendal, penyuluhan mengenai pengemasan secara modern produk kripik singkong dan distribusi produk ke dalam swalayan modern oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kendal, penyuluhan tentang pengelolaan bibit ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kendal, dan pemberian bantuan dana untuk pembangunan jembatan dan Balai Desa Trisobo oleh PT. Karyadeka Alam Lestari. (2) Dampak pelaksanaan access reform pasca redistribusi tanah di Desa Trisobo terhadap kesejahteraan masyarakat sejak selesai pada tahun 2011 hingga saat ini tidak sesuai dengan harapan dan program reforma agraria. Meskipun banyak masyarakat dapat dikatakan sejahtera, namun hal tersebut tidak berdasarkan pelaksanaan access reform. Karena pelaksanaannya yang tidak berkelanjutan setelah tahun 2011, serta kurang optimalnya pemanfaatan lahan oleh masyarakat. Saran penelitian ini yaitu hendaknya dibuat Memorandum of Understanding (MoU) untuk kejelasan tugas dan tanggungjawab pelaksanaan access reform, serta membangun komunikasi guna pelaksanaan pendampingan pasca redistribusi tanah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Redistribusi Tanah, Access Reform, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Aug 2020 19:52
Last Modified: 28 Aug 2020 19:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38404

Actions (login required)

View Item View Item