EFEKTIVITAS KERJA SAMA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN ASPERINDO SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA DI JAWA TENGAH


FAISAL ABU NIDA , 8111414162 (2018) EFEKTIVITAS KERJA SAMA BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN ASPERINDO SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA DI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111414162.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Peredaran dan penyalahgunaan narkotika dewasa ini sudah mencapai level yang tinggi. Sebanyak 4 % penduduk Indonesia sudah menjadi pengedar atau penyalahguna narkotika. Salah satunya adalah peredaran narkotika di Jawa Tengah yang sudah masuk pada bidang jasa pengiriman logistik. Pencegahan yang biasannya dimulai dari hilir ke hulu kini dilakukan berbeda oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah, yang melakukan upaya pencegahan di mulai dari hulu ke hilir. Upayanya yaitu melalui kerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, Logistik Indonesia (ASPERINDO). Dalam melakukan kerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, Logistik Indonesia (ASPERINDO) terdapat beberapa masalah yaitu : (1) Bagaimana implementasi dan efektivitas kerja sama antara Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah dengan Asperindo dalam upaya pencegahan dan penanggulangan peredaran narkotika di Jawa Tengah ? (2) Kendala apa saja yang dihadapi Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah dalam melakukan kerja sama dengan Asperindo ? Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan metode penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer, data sekunder dan data tersier dengan teknik pengumpulan data Wawancara, Observasi, dan dokumentasi dengan validitas data triangulasi data. Hasil penelitian dan pembahasan ini adalah (1) kerja sama antara Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, Logistik Indonesia (ASPERINDO) sudah dilaksanakan sesuai dengan Pasal 4 ayat (1) Nota Kesepahaman tersebut dan berhasil menurunkan angka peredaran narkotika melalui jasa pengiriman logistik pada tahun 2015-2018. (2) kerja sama tersebut juga memiliki kendala dalam pelaksanaanya termasuk permasalahan anggota Asperindo, permasalahan koordinasi atau permasalahan kurangnya peran aktif dari para perusahaan jasa. Kesimpulan yang di dapat yaitu bahwa upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran narkotika melalui kerja sama dengan Asperindo sudah sangat efektif. Dengan adanya upaya kerja sama ini, peredaran narkotika di Jawa Tengah yang melalui jasa pengiriman logistik semakin menurun. tetapi upaya kerja sama ini masih memiliki kendala di dalamnya Saran Penulis dalam penelitian ini yaitu Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah terus melakukan koordinasi dengan perusahaan jasa pengiriman logistik yang tidak terdaftar menjadi anggota Asperindo. Kemudian Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, Logistik Indonesia (ASPERINDO) juga harus memiliki inovasi, salah satunya yaitu memberikan reward atau penghargaan bagi anggota yang melaporkan adanya indikasi kiriman barang narkotika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kerja Sama, Narkotika, Pengiriman Logistik
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:43
Last Modified: 27 Aug 2020 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38384

Actions (login required)

View Item View Item