PENGENDALIAN PENCEMARAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI DESA PESAREAN MELALUI PEMBANGUNAN PERKAMPUNGAN INDUSTRI KECIL KEBASEN KABUPATEN TEGAL


RATNA NURHAENI , 8111414156 (2018) PENGENDALIAN PENCEMARAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DI DESA PESAREAN MELALUI PEMBANGUNAN PERKAMPUNGAN INDUSTRI KECIL KEBASEN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111414156.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pencemaran lingkungan hidup sebagai akibat dari kegiatan industri logam di Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal telah merusak area sekitar industri dan merugikan masyarakat setempat. Kawasan kegiatan industri yang menyatu dengan pemukiman serta tidak adanya pengelolaan limbah hasil kegiatan dengan benar telah mengakibatkan pencemaran limbah yang mengancam masyarakat sekitar. Penulis merumuskan beberapa permasalahan yang akan diteliti yaitu : 1) Bagaimana Pencemaran limbah B3 yang terjadi di Desa Pesarean setelah relokasi kegiatan ke PIK Kebasen Kabupaten Tegal? 2) Bagaimana pengendalian pencemaran limbah B3 melalui pembangunan PIK Kebasen Kabupaten Tegal? Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris dengan alat pengumpulan datanya adalah dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan industri logam di desa Pesarean telah menyebabkan pencemaran lingkungan dan berdampak buruk bagi masyarakat sekitar. Untuk mengatasi permasalahan pencemaran limbah B3 di desa Pesarean, pemerintah kabupaten tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup merumuskan beberapa kebijakan diantaranya yaitu Relokasi kegiatan industri ke kawasan yang jauh dari pemukiman atau sekarang dinamakan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Kebasen. PIK Kebasen merupakan suatu kawasan industri yang diperuntukkan bagi UKM pengecoran logam dengan perusahaan penanggungjawab sekaligus sebagai pihak ketiga pengelolaan limbah B3 yaitu PT.Lut Putra Solder, dengan kegiatan pengolahan limbah B3 menjadi batako/ paving block. Untuk mengendalikan dampak pencemaran yang telah terjadi, maka pemerintah daerah kabupaten tegal (DLH) diharapkan melakukan kajian dampak pencemaran terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Perlunya pengawasan dan pembinaan kepada UKM terkait perijinan usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian pencemaran, Limbah B3, kawasan industri.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:57
Last Modified: 27 Aug 2020 06:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38380

Actions (login required)

View Item View Item