TINJAUAN GEOGRAFI PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA SERANG DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA


Burhan Azhari , 3211414050 (2019) TINJAUAN GEOGRAFI PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA SERANG DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TINJAUAN GEOGRAFI PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA SERANG DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA] PDF (TINJAUAN GEOGRAFI PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA SERANG DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (992kB)

Abstract

Pengembangan pariwisata merupakan sektor yang sedang banyak di kembangkan di berbagai daerah, mengingat banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya yang ada di Kabupaten Purbalingga yaitu adanya pengembangan Desa Wisata Serang, namun pengembangan wisata yang ada di Desa Serang belum mampu memberikan kesejahteraan masyarakatnya. Dalam pengembangan pariwisata unsur paling utama yang perlu dikaji adalah penawaran wisata dimana jika keadaannya baik, maka akan menciptakan permintaan yang baik pula, disinilah ilmu geogafi pariwisata dapat berperan dengan memberikan informasi keruangan dari keadaan penawaran wisata yang ada. Belum maksimalnya pengembangan pariwisata yang ada perlu dikaji sehingga terciptalah strategi yang tepat dalam pengembangan pariwisata di Desa Wisata Serang. Penelitian ini bertujuan mengetahui keadaan penawaran yang ada dan permintaan wisata di Desa Wisata Serang, serta mencari strategi yang tepat untuk pengembangan wisata yang lebih baik. Lokasi penelitian adalah di Desa Serang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung, pengelola, dan orang yang berkegiatan disitu, pengambilan sampel dengan cara Incedental sampling untuk pengunjung, Quota sampling untuk orang yang berkegiatan disitu, dan Purposive sampling untuk pengelola dinas terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif persentase serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan beberapa keadaan kepariwisataan di Desa Wisata Serang mempunyai kekuatan dan kelemahan masing-masing pada setiap unsur penawaran wisata yang ada, sedangkan untuk permintaan, wisatawan menganggap keadaan penawaran yang disajikan atau diberikan, ada yang sudah baik dan ada yang perlu diperbaiki atau masih lemah. Sedangkan untuk analisis SWOT didapatkan nilai X= 0.99 dan Y= 0.62 maka pengembangan pariwisata di Desa Wisata Serang berada pada KUADRAN I dan strategi yang perlu dilakukan adalah Growth Oriented Strategy yang artinya adalah institusi Desa Wisata Serang masuk dalam kondisi prima sehingga dapat berkembang lebih baik lagi, menguatkan segela aspek kekuatan, serta membenahi kelemahan yang ada. Saran dari penelitian ini adalah memaksimalkan segala kekuatan, serta membenahi kekurangan pada unsur penawaran, sehingga durasi Length Of Stay bisa lebih panjang, memperbanyak pelatihan kepariwisataan bersama antar sektor, serta meningkatkan kerjasama antar stakeholder terkait untuk menciptakan suatu kepariwisataan lebih baik, yang mampu memberikan kesejahteraan bagi bersama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penawaran dan Permintaan Wisata, Pengembangan Wisata.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:40
Last Modified: 27 Aug 2020 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38373

Actions (login required)

View Item View Item