SISTEM INFORMASI PARIWISATA KABUPATEN KUDUS BERBASIS WEBGIS


Rika Puji Lestari , 3211412034 (2019) SISTEM INFORMASI PARIWISATA KABUPATEN KUDUS BERBASIS WEBGIS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SISTEM INFORMASI PARIWISATA KABUPATEN KUDUS BERBASIS WEBGIS] PDF (SISTEM INFORMASI PARIWISATA KABUPATEN KUDUS BERBASIS WEBGIS) - Published Version
Download (957kB)

Abstract

Penyediaan data yang akurat tentang informasi yang terkait obyek wisata sangat diperlukan, agar masyarakat luas dapat dengan mudah mengkasesnya. Informasi tersebut dapat digunakan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke destinasi wisata, atau sebagai media promosi destinasi wisata yang ada di suatu daerah. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kudus, dengan memetakan wisata dengan menggunakan Webgis yang bertujuan sebagai berikut : (1) Menyusun konten sistem informasi pariwisata di Kabupaten Kudus, (2) Membangun sistem informasi pariwisata di Kabupaten Kudus berbasis webgis, (3) Melakukan uji kegunaan pengguna sistem informasi di Kabupaten Kudus berbasis webgis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis pengukuran kegunaan sistem atau biasa disebut dengan usability testing. Pengukuran ini dibuat dengan menggunakan 5 variabel sebagai pendukungnya, yaitu ; tingkat kemudahan dipelajari (learnability), efisiensi waktu yang digunakan (efficiency), tingkat kesalahan yang terjadi selama sistem beroperasi (errors), kemudahan untuk diingat (memorability), dan yang terakhir memberikan kepuasan dan nantinya pengguna akan kembali lagi mengunjungi Webgis Wisata Kabupaten Kudus untuk mengakses atau bisa disebut dengan tingkat kepuasan (satisfaction). Metode selanjutnya yang digunakan adalah analisis deskriptif yang nantinya menjelaskan data yang diperoleh dari analisis pengukuran kegunaan. Hasil dari pengujian kegunaan dalam penelitian ini adalah 75%, hasil tersebut masuk kedalam kategori layak dengan rentang kategori 61% - 80% yang berarti sistem sistem ini layak dan dapat diterima oleh pengguna. Skor secara keseluruhan dalam penelitian ini adalah 2619 yang didapatkan dari penjumlah skor total dari setiap variable, learnability skor total 654, efisiency skor total 527, memorability 662, error 262, satisfaction 514. Saran dalam penelitian ini adalah melakukan pengembangan sistem yang lebih mendalam, salah satunya pengembangan rute perjalanan jalur wisata di Kabupaten Kudus, pengembangan tampilan website yang lebih menarik, selain itu pelaksanaan pengujian kualitas kegunaan pada sistem dilakukan secara keberlanjutan sehingga akan memudahkan pengguna yang mengakses Webgis Wisata Kabupaten Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Wisata Kudus, Webgis
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:46
Last Modified: 27 Aug 2020 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38366

Actions (login required)

View Item View Item