PERBANDINGAN METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN METODE OUTDOOR STUDYBERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LITOSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS SMA N 1 DEMPET


Rosuna Salasa Hanan , 3201415014 (2019) PERBANDINGAN METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN METODE OUTDOOR STUDYBERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LITOSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS SMA N 1 DEMPET. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBANDINGAN METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN METODE OUTDOOR STUDYBERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LITOSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS SMA N 1 DEMPET] PDF (PERBANDINGAN METODE CERAMAH BERVARIASI DENGAN METODE OUTDOOR STUDYBERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LITOSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS SMA N 1 DEMPET) - Published Version
Download (4MB)

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran geografi di SMA N 1 Dempet yang kurang inovatif menyebabkan sebagian besar nilai rata-rata siswa belum mencapai KKM. Metode yang inovatif perlu diterapkan untuk peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini ada 3 yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan ceramah bervariasi dan outdoor study, mengevaluasi perbedaan hasil belajar menggunakan metode ceramah bervariasi dan outdoor study, dan menganalisis kendala pelaksanaan outdoor study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 1 Dempet. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi dan outdoor studymeliputi kinerja guru dan aktivitas siswa, hasil belajar meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, kendala pelaksanaan outdoor study. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dan uji t. Hasil penelitian ini memperoleh: 1) Pelaksanaan pembelajaran ceramah bervariasi dan outdoor study dilaksanakan sesuaidenganlangkah-langkahnya. 2) Rata-rata nilai kognitif pre test kelas kontrol 49,61 dan kelas eksperimen 50,52, Rata-rata nilai kognitif post test kelas kontrol 75,53 dan kelas eksperimen 80,28, nilai afektif kelas kontrol 59,72% kategori cukup baik dan kelas eksperimen 68,75% kategori baik, nilai psikomotorik kelas kontrol 52,78% kategori cukup baik dan kelas eksperimen 65,28% kategori baik. Berdasarkan perhitungan t tes diperoleh nilai signifikansi 0,017 < 0,005 maka terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. 4) kendala mengenai pembelajaran outdoor study guru dan siswa mengatakan tidak begitu terdapat kendala karena lokasi pembelajaran outdoor study yang dekat dengan sekolah. Saran, metode outdoor study perlu diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran geografi dan untuk manejemen waktu dalam pelaksanaan outdoor study perlu dipersiapkan dengan matang agar berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan. Sedangkan untuk metode ceramah perlu divariasikan dengan pembelajaran yang lebih inovatif sehingga membangkitkan siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Ceramah Bervariasi, Outdoor Study, Kendala
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:40
Last Modified: 27 Aug 2020 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38365

Actions (login required)

View Item View Item