URGENSI RATIFIKASI COVENANT ON THE RIGHT OF THE CHILD IN ISLAM TAHUN 2004 DALAM UPAYA PERLINDUNGAN HAK-HAK ANAK DI INDONESIA


M ABD ROSYID BARIKLANA , 8111414164 (2018) URGENSI RATIFIKASI COVENANT ON THE RIGHT OF THE CHILD IN ISLAM TAHUN 2004 DALAM UPAYA PERLINDUNGAN HAK-HAK ANAK DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111414164.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan cermin keberlangsungan suatu bangsa pada masa mendatang. Negara memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan hak anak. Indonesia merupakan negara yang mayoritas berpenduduk Muslim. Di Indonesia anak-anak Muslim belum diatur oleh undang-undang yang sesuai dengan syariat Islam. Rumusan masalah: 1) Bagaimana pelaksanaan perlindungan hak-hak anak berdasarkan perundang-undangan di Indonesia? 2)Apa urgensi pemerintah Indonesia untuk meratifikasi Covenant on the Right of the Child in Islam Tahun 2004 dalam upaya perlindungan hak-hak anak ditinjau dari perspektif kepentingan nasional Metode pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian yuridis sosiologis, di mana penelitian ini memadukan antara data sekunder sebagai data utama dan data primer dan tersier sebagai data tambahan untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan perundang-undangan hak anak di Indonesia sebagai korban pemerintah masih fokus pada upaya represif bukan preventif. Orang tua masih belum sadar betapa pentingnya melindugi hak-hak anak.pelaksanaan hak anak sebagai pelaku masih terdapat permasalahan dalam koordinasi antar lembaga. Di Indonesia belum terdapat aturan mengenai pengungsi anak dan pencegahan paham radikal bagi anak sehingga dalam pelaksanaannya tidak terdapat paying hukum.Indonesia harus segera meratifikasi Covenant on the Right of the Child in Islam Tahun 2004 terutama dalam hal perlindungan anak dari paham radikal danperlindungan anak sebagai pengungsi. Simpulan penelitian ini adalah Pelaksanaan perlindungan hak anak di Indonesia, baik anak sebagai korban maupun pelaku masih belum maksimal karena masih ada hak anak yang tidak/ belum dipenuhi. Uurgensi untuk meratifikasi Covenant on the Right of the Child in IslamTahun 2004 sebagai instrumen hukum yang dapat melengkapi aturan yang ada terutama dalam upaya perlindungan anak dari paham radikal dan perlindungan anak yang berstatus sebagai pengungsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ratifikasi, Covenant on the Right of the Child in IslamTahun 2004, Perlindungan Hak anak
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:30
Last Modified: 27 Aug 2020 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38362

Actions (login required)

View Item View Item