PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA PENYEWAAN KAMERA DSLR ATAS TINDAKAN KONSUMEN YANG BERITIKAD TIDAK BAIK (STUDI DI KOTA SEMARANG)


Norman Sasongko , 8111414146 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA PENYEWAAN KAMERA DSLR ATAS TINDAKAN KONSUMEN YANG BERITIKAD TIDAK BAIK (STUDI DI KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111414146.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Perjanjian sewa menyewa menimbulkan hak dan kewajiban antara penyewa dan yang menyewakan. Hak dan kewajiban tersebut haruslah seimbang. Sementara kewajiban konsumen haruslah dilaksanakan dengan itikad baik sebagaimana diatur pasal 5 huruf b Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Persetujuan perjanjian harus dilaksanakan dengan itikad baik sesuai pasal 1338 KUH Perdata. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis (1) Bagaimana penerapan asas itikad baik dalam pelaksanaan perjanjian sewa menyewa kamera DSLR di Kota Semarang. (2) Bagaimana perlindungan hukum bagi pelaku usaha jasa penyewaan kamera atas tindakan konsumen yang beritikad tidak baik di Kota Semarang. Pendekatan penelitian menggunakan pendektan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris. sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknis pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi dan kajian pustaka. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada pelaksanaan perjanjian sewa menyewa kamera DSLR terdapat pelanggaran dari konsumen yang merugikan pelaku usaha dikarenakan tidak beritikad baik antara lain, adalah tidak melaksanakan kewajibannya dengan tidak memenuhi prestasi atau wanprestasi dikarenakan tidak beritikad baik. Perlindungan hukum bagi pelaku usaha berupa sanksi ganti rugi. Asas itikad baik dapat dilihat dari 2 (dua) aspek, yaitu aspek subjektif dan objektif. Penerapan asas itikad baik dilakukan sebelum dan saat pelaksanaan perjanjian. Penerapan asas itikad baik merupakan penerapan yang tidak dapat dikesampingkan dalam suatu perjanjian karena hal inilah yang menunjukkan keseriusan dalam penyelesaian suatu perjanjian. Perlindungan hukum yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha adalah berupa ganti rugi atas kerugian yang didapatkan oleh pelaku usaha dikarenakan itikad tidak baik dari konsumen dalam pelaksanaan perjanjian sewa menyewa kamera DSLR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pelaku usaha, Asas itikad baik, Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:04
Last Modified: 27 Aug 2020 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38361

Actions (login required)

View Item View Item