PERLINDUNGAN HUKUM DARI TINDAKAN PEMBAJAKAN KONTEN SIARAN TELEVISI BERLANGGANAN PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (Studi di PT MNC Sky Vision)


Gita Maharani , 8111414144 (2018) PERLINDUNGAN HUKUM DARI TINDAKAN PEMBAJAKAN KONTEN SIARAN TELEVISI BERLANGGANAN PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (Studi di PT MNC Sky Vision). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111414144.pdf] PDF - Published Version
Download (589kB)

Abstract

Pelanggaran hak cipta berupa tindakan pembajakan konten siaran televisi berlangganan tanpa izin pernah dialami oleh TV berlangganan Indovision. Kasus ini bermula dengan adanya bisnis penjualan tiket fly oleh toko online TVKU Indo tanpa seizin Indovision maupun pemilik konten siaran. Tiket fly berisi kode-kode yang nantinya dapat digunakan untuk membobol konten siaran Indovision. Hal tersebut tentunya merugikan Indovision, sebagai penyedia jasa televisi berlangganan sehingga diperlukan adanya perlindungan hukum konten siaran televisi berlangganan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis bagaimana implementasi perlindungan hukum dari tindakan pembajakan konten siaran televisi berlangganan ditinjau berdasarkan UndangUndang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, dan (2) mengetahui dan menganalisis bagaimana perlindungan hukum dari tindakan pembajakan konten siaran televisi berlangganan yang dilakukan oleh Pemerintah dan Lembaga Penyiaran Berlangganan. Penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis-empiris dengan alat pengumpulan datanya dengan cara dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peraturan dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta khususnya dalam Pasal 25 yang mengatur mengenai hak ekonomi lembaga penyiaran berlangganan sudah mampu melindungi konten siaran televisi berlangganan, namun hingga saat ini masih banyak ditemukan pembajakan konten siaran televisi berlangganan. Untuk perlindungan hukum konten siaran televisi berlanganan, Pemerintah telah melakukan upaya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penghargaan terhadap karya cipta. Sedangkan dari pihak Indovision telah melakukan upaya perlindungan dengan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan penegak hukum tentang kasus pembajakan siaran televisi berlangganan, melakukan pelaporkan ketika ditemukan pembajakan, serta meningkatkan teknologi keamanan dari Indovision. Simpulannya adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta sudah cukup menjadi payung hukum bagi konten siaran televisi berlangganan dari tindakan pembajakan. Namun sanksi bagi pelaku dinilai masih kurang Pemerintah dan Indovision juga sudah melakukan upaya perlindungan hukum bagi konten siaran televisi berlangganan tetapi belum maksimal karena masalah biaya operasional dan luasnya wilayah Indonesia sehingga hingga saat ini masih ditemukan pembajakan konten siaran televisi berlangganan. Sarannya adalah untuk penegakan hukum bagi pelaku pembajakan harus semakin tegas, Indovision membuat teknologi keamanan yang lebih canggih lagi, segera melakukan pelaporan ketika ditemukan tindakan pembajakan konten siarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konten Siaran, Pembajakan, Televisi Berlangganan
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 26 Aug 2020 21:10
Last Modified: 26 Aug 2020 21:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38360

Actions (login required)

View Item View Item