STUDI KOMPARASI ANTARA PROGRAM PENGAYAAN MATERI UJIAN NASIONAL JAM 6 PAGI DI SMP NEGERI 1 COMAL DENGAN JAM 2 SIANG DI SMP NEGERI 4 COMAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Yoga Putra Pratama, 1102415008 (2020) STUDI KOMPARASI ANTARA PROGRAM PENGAYAAN MATERI UJIAN NASIONAL JAM 6 PAGI DI SMP NEGERI 1 COMAL DENGAN JAM 2 SIANG DI SMP NEGERI 4 COMAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102415008.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Dalam persiapan dan pelaksanaan Ujian Nasional, siswa dan tiap sekolah memiliki strategi yang berbeda demi memaksimalkan potensi peserta didik agar mendapat nilai yang baik saat Ujian Nasional. pengadaan buku, yang hanya terfokus pada buku mata pelajaran Ujian Nasional. Penambahan jam pelajaran diluar jam sekolah dirasa cukup efektif dalam mengoptimalkan kemampuan siswa. Namun, pemilihat waktu yang tepat untuk pelaksanaan program pengayaan materi di sekolah sangat penting untuk diperhatikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan program pengayaan materi yang dilakukan dengan waktu yang berbeda di dua sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif kausal komparatif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menyelidiki hubungan sebab-akibat yang terjadi dan mencari faktor yang menjadi penyebab melalui data yang telah dikulmpulkan. Hasil penelitian ini terdiri atas beberapa hasil. Pertama, keefektifan penerapan program pengayaan materi jam 6 pagi di SMP Negeri 1 Comal dengan jam 2 siang di SMP Negeri 4 Comal dapat dilihat berdasarkan adanya kenaikan nilai siswa dari try out sampai ujian nasional. program pengayaan materi ujian nasional di kedua sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan hasil nilai siswa. Hasil nilai siswa di kedua sekolah mengalami peningkatan. Kedua, program pengayaan di pagi hari yaitu SMP Negeri 1 Comal memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan hasil ujian nasional yang melaksanakan program pengayaan di siang hari yaitu SMP Negeri 4 Comal. Perbedaan nilai yang didapatkan cukup signifikan yaitu sebesar 78,88. SMP Negeri 1 Comal memiliki nilai rata-rata ujian nasional sebesar 273,75, sedangkan SMP Negeri 4 Comal memiliki nilai rata-rata sebesar 194,87. Berdasarkan nilai UN yang diperoleh maka program pengayaan materi nilai yang dihasilkan lebih besar sekolah yang melaksanakan program pengayaan materi di pagi hari dibanding sekolah yang melaksanakan program pengayaan materi di sore hari. Ketiga, Kendala yang dialami oleh sekolah dalam melaksanakan program pengayaan materi ujian nasional yaitu di kedua sekolah masih banyak siswa yang terlambat datang ke sekolah, bahan ajar yang digunakan saat pengayaan materi terbatas pada buku dan kumpulan soal ujian nasional pada tahun sebelumnya, dan tidak terbiasa menggunakan komputer saat ujian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Program Pengayaan Materi, Ujian Nasional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:28
Last Modified: 26 Aug 2020 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38339

Actions (login required)

View Item View Item