KUALIFIKASI PEMBINAAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMBAHARUAN SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK: Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo


Fikri Ariyad , 8111413291 (2018) KUALIFIKASI PEMBINAAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMBAHARUAN SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK: Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413291.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fungsi dari sistem pemasyarakatan menurut Undang – Undang No. 12 Tahun 1995 adalah untuk menyiapkan warga binaan pemasyarakatan agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat, sehingga dapat dipulihkan kembali hubungannya dengan sang pencipta, dengan pribadinya, dengan sesamanya dan lingkungannya. Namun pada kenyataannya berbagai pola-pola pembinaan belum memenuhi kualifikasi sebagai sebuah bembinaan lapas anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola pembinaan yang dilakukan oleh LPKA kutoarjo? (2) Apakah pembinaan yang dilakukan oleh LPKA sudah memenuhi tujuan pemidanaan? (3) Bagaimana pedoman pembinaan yang seharusnya dilakukan oleh LPKA Kutoarjo? Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris, dimana data priper diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan pedoman (interfiewe guide). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pola pembinaan LPKA Kutoarjo mengedepankan pendidikan dan kepelatihan yang berbasis budi pekerti. (2) Pola pembinaan LPKA Kutoarjo dirasa sudah sesuai dengan tujuan pemidanaan. (3) Pedoman LPKA yaitu Undang – Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pola pembinaan LPKA Kutoarjo sudah baik hanya saja terkendala dengan kurangnya tenaga pendidik. (2) Pembinaan di LPKA Kutoarjo sesuai dengan tujuan pemidanaan namun masyarakat justru susah menerima anak kembali. (3) Pedoman LPKA yaitu UU No 12 Tahun 1995 dan UU No. 11 Tahun 2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak, Narapidana, Pembinaan
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 14 Aug 2020 10:37
Last Modified: 14 Aug 2020 10:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38260

Actions (login required)

View Item View Item