EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN (PADMA) DALAM PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE (STUDI DI DESA SAMBIREJO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN)


Satria Fahrudin Syah , 8111413188 (2018) EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MASYARAKAT DESA DAN KELURAHAN (PADMA) DALAM PERWUJUDAN GOOD GOVERNANCE (STUDI DI DESA SAMBIREJO KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413188.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (874kB) | Preview

Abstract

Pemerintah Kabupaten Sragen mulai membuat inovasi dengan membangun Kantor Pelayanan Administrasi Desa/Kelurahan yang di singkat PADMA adalah pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilaksanakan di desa dan kelurahan sesuai Pasal 1 Angka 6 Peraturan Bupati Nomor 22 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Administrasi Masyarakat Desa Dan Kelurahan Di Kabupaten Sragen. Sebagai pelayanan perizinan dan non perizinan yang di laksanakan di desa dan kelurahan. Permasalahan penelitian adalah efektivitas pelaksanaan PADMA di Desa Sambirejo berserta kendala pelaksanaannya. Konsep dan teori yang digunakan adalah efektivitas persepektif ilmiah, teori dan konsep pelayanan publik, pelayanan administrasi masyarakat desa, pemerintahan yang baik/ good governance, dan konsep umum pelaksanaan kebijakan publik. Pendekatan penelitian kualitatif hukum dengan jenis penelitian yuridissosiologis. Fokus penelitian pada efektivitas pelaksanaan PADMA di desa Sambirejo serta kendala pelaksanaannya. Sumber data menggunakan sumber data primer, sekunder dan tertier dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data dengan teknik triangulasi dan analisis data menggunakan interactive analisys models. Hasi penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas PelayananAdministrasi Masyarakat Desa Sambirejo (PADMA) merupakan pelayanan administrasi desa yang pertama. menggunakan sistem pelayanan Online. Pelayanan berbasis one stop servive di tingkat pelayanan administrasi desa. PADMA terdiri dari 11 jenis pelayanan administrasi. Standar pelaksanaan pelayanan administrasi. Perbedaan pelayanan administrasi masyarakat desa dengan Pelayanan Administrasi secara Konvensional/ manual. Semua proses pelayanan tidak di pungut biaya. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap adanya PADMA di desa Sambirejo. kurangnya sarana dan prasana yang mendukung pelaksanaan PADMA. Keefektivan Pelayanan PADMA dalam perwujudan good governance. Simpulan penelitian ini : Efektivitas Pelayanan administasi masyarakat Desa Sambirejo. Efektif apabila memenuhi 3(tiga) indikator : Pencapain Tujuan, Integritas, dan Adaptasi. Pelaksanaan pelayanan administasi masyarakat desa Sambirejo efektif; Kendala pelaksanaan PADMA, antara lain : kendala sarana dan prasarana, kendala sumber daya manusia, kendala IT, kesadaran dari masyarakat. Saran : Sosialisasi PADMA di desa sambirejo kepada masyarakat secara berkelanjutan, petugas IT tersendiri, tidak menunggu perbaikan internet dari pusat (PDE).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelayanan Publik, PADMA, Good Governance.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Aug 2020 22:57
Last Modified: 13 Aug 2020 22:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38248

Actions (login required)

View Item View Item